Kamis, 14 Januari 2016

Awas, Ada Racun dalam 7 Bagian Ayam Ini

DapurLagi  -  Daging ayam satu menu yang banyak difavoritkan oleh semua kalangan, karena mengandung protein dan nutrisi penting lainnya. Daging  ayam bisa diolah menjadi aneka hidangan lezat, dari mulai : ayam goreng, ayam tepung, ayam kecap, kare ayam dan masih banyak kreasi menu ayam lainnya. Dibalik kelezatan daging ayam, ternyata ada beberapa bagian tubuh ayam yang sebaiknya dihindari karena mengandung racun yang merugikan kesehatan. Hem, mungkin Anda heran, bagaimana mungkin dalam daging ayam yang nikmat tersimpan racun  yang berbahaya?

Agar tidak salah pilih, ada baiknya Anda memahami bagian manakah dari ayam yang mengandung racun. Agar lebih jelasnya, simak kelanjutan artikel yang berjudul Awas, Ada Racun dalam 7 Bagian Ayam Ini :

1. Ampela ati

Ampela ati ayam termasuk bagian tubuh yang harus dihindari karena mengandung racun dan zat-zat yang dapat membahayakan kesehatan. Seperti  yang kita tahu, hati merupakan organ yang  berfungsi menetralkan racun, jadi senyawa beracun akan banyak mengendap disana. Sayangnya di Indonesia justru diolah menjadi aneka hidangan yang lezat, misalnya sate ampela ati, sambal goreng, tumis ampela ati dan lain sebagainya.

2. Usus 

Usus termasuk organ pencernaan ayam  yang rentan mengalami kerusakan akibat terkontaminasi bakteri. Jadi  jika tidak segera dibersihkan setelah disembelih, usus termasuk bagian ayam yang tak layak dikonsumsi. Ketika mengonsumsi usus, pastikan sudah mencucinya hingga  benarbenar bersih, karena bakteri didalamnya dapat memicu masalah pencernaanm seperti : diare.

3. Sayap ayam

Sayap ayam juga paling banyak difavoritkan, karena dagingnya yang lembut. Namun bagian ini wajib diwaspadai, karena bagian tersebut merupakan lokasi dimana hormon-hormon akan disuntikkan. Obatobatan  yang masih mengendap dalam sayap yang berisiko  memicu penyakit berbahaya, seperti  : tumor.    

4. Kepala ayam

Kepala ayam termasuk satu  bagian  yang digemari, karena memiliki sensasi tersendiri. Namun  hati-hati, karena ternyata dalam otak ayam tertimbun racun akibat makanan/minuman ayam yang mengandung zat kimia. Jika kita mengonsumsinya, secara otomatis zat-zat berbahaya tersebut ikut tertelan juga.

5. Pantat ayam atau  brutu

Siapa sich yang tidak suka bagian daging ayam yang paling berlemak ini.  Bagian pantat ayam umumnya memiliki rasa paling gurih dan lezat. Sayangnya, bagian tersebut merupakan pusat berkumpulnya kelenjar getah bening, dimana kita tahu fungsinya untuk melumpuhkan  bakteri dan virus serta zat karsinogen. Sayangnya semua  zat berbahaya tersebut tidak bbisa terurai dengan sendirinya sehingga zat-zat berbahaya tersebut masih mengendap di dalam pantat ayam.

6. Leher Ayam

Meski leher ayam tidak memiliki daging yang bisa dinikmati, namun bagian tersebut terdapat kulit yang tebal dan nikmat. Namun dibalik kenikmtannya, kita patut berhati-hati, karena pada leher ayam juga terdapat kelenjar getah bening yang berbentuk benjolan sebesar ruas jari kelingking. Organ tersebut mengandung banyak bakteri dan kuman penyakit sehingga dapat berefek  buruk jika  dikonsumsi.

7. Kulit Ayam

Meskipun memiliki rasa yang sangat gurih dan lezat, namun kulit ayam sangat tidak layak dikonsumsi. Kenapa demikian?  Karena dalam kulit ayam yang berlemak tersebut seringkali mengendap zat-zat berbahaya, seperti : antibiotic, racun dan hormon yang dapat mengganggu metabolism tubuh manusia. Jadi agar lebih aman, pastikan membuang kulit ayam sebelum mengolahnya.
Mengerikan sekali ya Sobat! Dari bagian ayam  yang  banyak difavoritkan justru megandung racun  yang  berbahaya. Semoga informasi  yang  berjudul  Awas, Ada Racun dalam 7 Bagian Ayam Ini diatas dapat  bermanfaat bagi kita semua.

Baca Artikel Keren Lainnya :
RAHASIA MASAK BABAT YANG EMPUK DAN TIDAK BAU
TIPS MASAK IKAN ANTI MUNCRAT DAN LENGKET DI WAJAN
Cara Masak Mie Instan Lebih Sehat dan Nikmat
Bahayakah Bercak Putih Pada Bibir dan Lidah Bayi?
Jika Wanita Terpaksa Bekerja, Maka...
Loading...