Rabu, 06 Januari 2016

Rahasia Masak Babat yang Empuk dan Tidak Bau

DapurLagi - Babat termasuk daging yang berasal dari lambung hewan, seperti sapi, kambing dan lain sebagainya. Ada sensasi tersendiri ketika menikmati rasa nikmat, empuk dan kenyanya babat. Tahukah Anda jika babat bisa dioah menjadi aneka hidangan yang lezat dan menggugah selera, dari mullai : soto babat, babat goreng, babat gongso dan ain sebagainya. Ketika  dalam kondisi mentah, penampilan  babat terihat kurang menarik, karena bau dan warnanya hitam kusam. Meski begitu, ditangan ahlinya, babat yang terlihat tidak menarik bisa disulap menjadi aneka hidangan yang mampu menggoyang lidah Anda sekeluarga.
Mungkin tak banyak yang tahu, bagaimana cara mengolah babat yang tidak a lot dan nikmat. Agar lebih jelasnya, langsung aka simak Rahasia Masak Babat yang Empuk dan Tidak Bau berikut ini :

1. Pilih jenis babat yang tepat

Agar olahan babat jadi lebih nikmat, pastikan Anda tidak salah memiih jenis babat. Ada beberapa jenis yang bisa Anda piih, yakni bagian rumen yang motifnya mirip selimut yang haus dan rata, retikukulum yang bermotif mirip sarang lebah (bagian ini paling nikmat dan mudah meresap Dalam  bumbu), omasum yang berapis-lapis seperti buku (biasanya dibuat soto) dan abomasum yang berkerut-kerut (bagian ini jarang digunakan)

2. Cuci babat hingga bersih

Sebelum diolah, pastikan Anda mencuci babat hingga bersih. Bias berkali-kai agar babat bersih, tidak bau dan pastinya bebas kandungan klorin. Loh kok klorin?  Tujuan pedagang menggunakan korin disini untuk menghilangkan bakteri dan membuat warna babat jadi lebih bersih.

3. Hilangkan Bau menyengat

Jika  setelah dibersihkan, babat masih berbau menyengat, maka Anda  bisa merendamnya dalam air kapur sirih selama kurang ebih 30 menit. Setelah itu, cuci dan kerok menggunakan sendok dan cuci kembali hingga bersih. Setelah itu, Anda bisa merendamnya ke dalam air perasan jeruk nipis.

4. Rebus hingga empuk

Babat termasuk daging yang bisa dibilang alot dan keras, sehingga dibutuhkan trik khusus untuk mengatasinya. Agar lebih cepat empuk, Anda bisa merebusnya kedalam panci presto. Jangan lupa tambahkan serai, daun jeruk purut, lengkuas, jahe dan daun salam agar bau menyengat dari babat lenyap tak tersisa. Setelah direbus, buang air rebusannya dan jangan gunakan untuk kaldu atau apapun yaa…..

5. Bumbui Babat

Setelah melalui proses perebusan, Anda bisa memotong babat dan memasaknya sesuai selera. Bumbui babat dengan bumbu pilihan agar rasanya nikmat sempurna.
Dengan beragam trik- trik diatas, dijamin olahan babat favorit Anda baka disukai oleh anggota keluarga tercinta. Semoga  informasi yang berjudul Rahasia Masak Babat yang Empuk dan Tidak Bau diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Loading...