Minggu, 14 Februari 2016

Trik Cerdas Agar Cobek Tidak Lembab dan Berjamur

DapurLagi - Pernahkah Anda menggunakan cobek untuk memasak? Cobek termasuk alat masak yang wajib ada di dapur, karena memudahkan pekerjaan Anda dalam memasak. Meskipun saat ini sudah ada alat dapur yang lebih canggih untuk menghaluskan bumbu, seperti blender, food processor, atau yang lainnya, namun peran cobek tidak bisa sepenuhnya tergantikan. Karena menurut pendapat beberapa orang, sambal atau bumbu yang dibuat dengan cobek secara manual lebih sedap dan nikmat. Cobek bisa terbuat dari beberapa bahan, diantaranya : batu, kayu dan tanah liat. Namun apapun jenisnya, Cobek termasuk alat masak yang mudah lembab dan berjamur, terutama pada musim hujan begini.
Bayangkan saja, betapa tidak nyamannya ketika hendak memasak, tiba-tiba cobek Anda kotor dan ditumbuhi jamur. Tidak perlu cemas, karena dengan trik cerdas, jamur pada cobek bisa bersih tuntas dan tidak akan kembali lagi. Hem, kira-kira apa sajakah triknya, simak aja Trik Cerdas Agar Cobek Tidak Lembab dan Berjamur, berikut ini :

Rendam dalam air panas

Setelah menggunakan cobek, Anda bisa merendamnya kedalam air panas selama 5 menit. Air panas akan memudahkan kotoran rontok. Kemudian cuci cobek menggunakan sabun antibakteri hingga bersih.

Manfaatkan ampas kelapa

Selain cara diatas, Anda bsia memanfaatkan ampas kelapa untuk membersihkan cobek. Caranya dengan mengulek cobek dengan parutan kelapa hingga bersih dan kotoran larut. Setelah itu, bilas hingga bersih dan tiriskan/keringkan.

Panaskan cobek

Setelah dicuci dan dikeringkan, Anda bsia memasukkan cobek kedalam oven dengan suhu 190 derajat selama 10-15 menit. Cara ini bermanfaat untuk mensterilkan cobek. Jika tidak ada oven, Anda bisa memanggangnya pada kompor selama 10 menit.

Simpan cobek dalam tempat kering dan bersih

Setelah proses pensterilan, Anda harus menyimpan cobek pada tempat yang kering dan bersih. Hindari menyimpan cobek pada tempat yang lembab dan basah, karena memudahkan bakteri berkembang.
Dengan cobek yang bersih dan sterill, maka hasil masakan Anda akan jauh lebih nikmat dan citarasanya semakin sempurna. Selain itu, cobek yang terjaga kebersihannya tentu akan lebih awet. Semoga informasi yang berjudul Trik Cerdas Agar Cobek Tidak Lembab dan Berjamur diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.
Baca Artikel keren lainnya

RAHASIA MEMBUAT TEMPE MENDOAN YANG GURIH LUAR DALAM