Minggu, 03 April 2016

Waspadai 7 bumbu dapur yang berbahaya bagi kesehatan

dapurlagi - Bagi para ibu, bumbu dapur termasuk satu bahan yang tidak bisa dilepaskan dari keseharian mereka, karena dapat membantu melezatkan masakan. Akan tetapi, tahukah Anda jika ada beberapa bumbu dapur yang mengandung bahan kimia sehingga berpotensi merusak kesehatan. Hem, menakutkan sekali, bukan? Oleh karena itu, kita patut waspada, jangan sampai hanya karena alasan lezat, lantas kita mengabaikan keamanan bumbu dapur yang kita gunakan untuk mengolah masakan. 
bumbu dapur yang berbahaya bagi kesehatan

Agar lebih waspada, sebaiknya simak langsung 7 bumbu dapur yang berbahaya bagi kesehatan, berikut ini :

Saus Tomat

Siapa sich yang tidak kenal saus tomat? Saus tomat termasuk satu bahan yang banyak dibutuhkan untuk mengolah masakan yang lezat, seperti : capcay, sarden, spageti, dan lainnya. Ada banyak merk saus di pasaran, meski begitu Anda harus waspada, karena bukan rahasia umum jika ada sebagian produsen nakal yang mencampurkan bahan kimia berbahaya, seperti : pengawet, Sodium nitrat, pewarna, aspartame, dan lainnya. Nah, jangan sampai salah memilih saus agar Anda terhindar dari risiko penyakit, antara lain : kanker, alergi, asma, sistem syaraf, dan lainnya.

MSG

Siapa sich yang tidak suka dengan sensasi gurih dan lezatnya masakan? Demi mendapatkan rasa yang lezat maksimal, beberapa orang rela menambahkan penguat rasa/MSG (Monosodium Glutamate) dalam masakannya. Memang sich, masakan akan terasa lebih lezat dan penguat rasa dapat membuat seseorang merasa ketagihan yang luar biasa. Akan tetapi ada bahaya yang siap mengancam kesehatan Anda penyuka masakan berMSG, diantaranya : obesitas, kerusakan otak, peradangan hati, dan lainnya.

Biji Pala

Biji pala juga dapat menyedapkan masakan, akan tetapi jika jumlahnya berlebihan dapat sebabkan halusinasi hingga tidak sadarkan diri. Bahkan jika jumlahnya berlebihan juga bisa sebabkan jantung berdebar-debar, mual, dehidrasi, kejang hingga kematian. Kenapa demikian? Ternayta dalam pala terdapat senyawa miristisin yang merupakan zat beracun yang dapat membahayakan kesehatan jika digunakan berlebihan. Tapi jangan takut ya, karena pemakaian dalam kadar cukup tidak menimbulkan bahaya.

Garam dan Gula pasir

Garam dan gula pasir termasuk bahan yang wajib ada didapur, karena bermanfaat melezatkan amsakan. Akan tetapi jika penggunaannya berlebihan, maka beberapa penyakit siap mengancam Anda, diantaranya ; hipertensi, diabetes, jantung dan stroke.

Ketumbar dan lada

Bumbu lain yang berpotensi mengancam kesehatan Anda adalah ketumbar dan lada yang berbahan kimia. Hem, kok bisa? Demi mendapatkan keuntungan yang besar, ada sebagian pengusaha bumbu dapur yang mencampur bumbunya dengan bahan kimia, seperti : zat hidrogen peroksida dan sodium bikarbonat. Tujuannya tentu agar penampilan bumbu dapur lebh putih, bersih dan menarik. Padahal bahan kimia tersebut dapat membahayakan kesehatan, diantaranya : sebabkan kanker dan kerusakan otak.

Selain bumbu yang disebutkan diatas, mungkin masih banyak bumbu dapur lainnya yang ternyata dapat mengancam kesehatan Anda. Semoga informasi yang berjudul 7 bumbu dapur yang berbahaya bagi kesehatan Anda diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.
Loading...