Jumat, 20 Mei 2016

Sepuluh Tips Sukses Membuat Bakso yang Enak

Bakso termasuk satu kuliner yang paling banyak digemari segala usia, karena itu tak heran jika kita bisa menemukan pedagang bakso dengan mudah. Namun banyaknya gossip miring seputar pembuatan bakso membuat penikmatnya merasa was-was ketika hendak mengonsumsinya. Diantara gossip yang banyak dikhawatirkan dari bakso, antara lain : dicampur daging babi, borak, dan lain sebagainya. Tidak perlu merasa cemas berlebihan, karena ternyata Anda bisa tetap menikmati bakso yang sehat dan aman. Caranya tentu harus membuat sendiri dong, karena dengan begitu Anda bisa memilih bahan-bahan terbaik untuk bakso.

Membuat bakso sendiri tidaklah sulit, bahkan bahan-bahan yang dibutuhkan juga sangat simpel dan praktis. Nah, agar bakso buatan Anda lebih lezat, sehat dan nikmat, sebaiknya simak Sepuluh Tips Sukses Membuat Bakso yang Enak, berikut ini :

1. Tentukan bahannya

Pertama-tama, tentukan dulu, Anda ingin membuat baso apa, msialnya : daging, seafood, ayam, atau lainnya. Jika ingin membuat daging sapi, pilihlah yang bebas lemak atau urat, seperti : gandik atau lemusir. Apabila membuat baso ikan, pilihlah daging ikan yang putih, misalnya : tengiri, kerapu, kakap, gabus, dan lainnya karena lebih padat dan mudah dibentuk.

2. Pilih bahan yang segar

Salah satu kunci suksesmembuat bakso yang enak adalah pemilihan bahan yang segar dan berkualitas. Sebisa mungkin, pilih daging dan bahan lainnya yang segar.

3. Atur komposisi bahan yang tepat

Bakso yang pas ditentukan dari tepat atau tidaknya komposisi bahan. Gunakan perbandingan 1:4 untuk tepung dan daging giling. Hal ini untuk menghasilkan tekstur bakso yang halus dan kenyal.

4. Giling daging hingga benar-benar halus

Giling daging sapi menggunakan penggiling daging, blender atau food processor. Agar lebih halus, Anda bisa menumbuk daging menggunakan ulekan kayu.

5. Rendam bakso dalam air es

Agar hasilnya lebih kenyal dan padat, serta mudah dibentuk, setelah bahan digiling, Anda bisa merendam adonan dalam air es.

6. Tambahkan remah roti

Satu lagi trik yang bisa dilakukan agar bakso lebih kenyal, yakni dengan menambahkan remah roti pada adonan.

7. Bentuk adonan

Ketika mengaduk adonan, pastikan tangan dan sendok dalam kondisi basah agar adonan tidak lengket pada tangan. Bentuk bakso dengan kepalan tangan dan ambil pada sela ibu jadi dan telunjuk menggunakan sendok.

8. Rebus dalam air panas

Panaskan air dalam panci hingga mendidih, masukkan bakso yang baru dicetak kedalam air panas. Masak hingga mengapung dan matang.

9. Rendam dalam air panas

Setelah bakso matang, Anda bisa mengangkat bakso dan merendam kedalam air panas agar hasilnya lebih padat dan kenyal.

10. Simpan bakso yang tepat

Setelah matang, Anda bisa menyimpan bakso dalam wadah tertutup dan masukkan kedalam freezer. Jika ingin lebih aman, Anda bisa membaluri bakso dengan tepung dan menyimpannya ke dalam freezer.

Setelah sukses membuat bakso sendiri di rumah, masihkah Anda mau membeli bakso diluar yang belum jelas bahannya? Semoga informasi yang berjudul sepuluh Tips Sukses Membuat Bakso yang Enak diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.