Kamis, 30 Juni 2016

10 Makanan Khas Lebaran yang Populer Sepanjang Masa

Sebentar lagi lebaran nih, kira-kira ingin masak hidangan apa ya untuk lebaran nanti? Hidangan lebaran pasti harus special dari biasanya, karena pada moment tersebut umumnya akan menjadi ajang silaturrahmi antar tetangga, teman dan keluarga besar. Selain ketupat ada banyak pilihan masakan yang bisa dihidangkan saat lebaran. Ada yang berkuah santan, kuah bening, lauk kering, bakaran, hingga yang kaya bumbu. Sebenarnya hampir setiap daerah memiliki cirri khas sendiri dalam pemilihan hidangan lebaran, namun sayangnya tak banyak yang tahu dengan benar, apa saja sich makanan khas lebaran yang pas dan banyak disukai.

Tidak perlu cemas, disini kita akan membagikan informasi tentang 10 makanan khas lebaran yang popular sepanjang masa, diantaranya :

1.    Opor ayam

Olahan ayam termasuk hidangan yang banyak difavoritkan oleh semua kalangan. Opor ayam bisa dibuat dari ayam kampung maupun  ayam broiler. Hidangan berkuah santan ini memiliki sensasi rasa yang gurih dan nikmat sehingga cocok dihidangkan bareng ketupat ataupun nasi.

2.    Rendang daging sapi atau ayam

Rendang juga merupakan hidangan khas lebaran yang cukup populer sepanjang masa. Anda bisa memilih daging sapi atau ayam untuk bahan rending, karena keduanya memiliki rasa yang sama nikmatnya. Rendang tidak hanya cocok dimakan bareng ketupat, tapi juga nasi putih.

3.    Sambal goreng udang atau hati

Ketupat juga enak dihidangkan bersama hidangan pelengkap, seperti :sambal goreng . Untuk sambal goreng, Anda bebas memilih bahannya, mau udang maupun hati. Agar lebih nikmat, Anda bisa menambahkan bahan lain, seperti kentang, telur puyuh, kikil dan lainnya.

4.    Sate daging (sapi, ayam atau daging)

Sate juga termasuk hidangan khas lebaran yang popular sepanjang masa. Sate paling nikmat disajikan bersama ketupat. Anda bsia memilih mau sate apa, ayam, kambing atau sapi. Bumbu kacang yang nikmat dan daging yang gurih akan membuat hidangan ini laris manis saat lebaran.

5.    Soto Daging/ayam

Soto juga termasuk satu hidnagan khas lebaran yang cukup popular sepanjang masa. Hampir setiap wilayah memiliki resep soto khas yang menggugah selera. Anda bsia memilih mau buat soto apa untuk lebaran, karena baik ayam maupun daging sama-sama special dan memiliki daya tarik tersendiri.

6.    Gulai ayam/kambing/sayuran

Menu gulai juga termasuk hidangan khas lebaran yang cukup popular  sepanjang masa. Gulai bsia dibuat dari bahan apa saja sesuai selera, baik daging kambing, ayam maupun sayuran. Gulai sangat cocok dihidangkan bareng ketupat, lebih lagi jika dilengkapi sate. Hem… djamin bakal nikmat banget.

7.    Lodeh

Meski sederhana, namun lodeh juga termasuk hidangan khas lebaran yang popular looh… Lodeh nikmat disandingkan bareng ketupat dan tentunya bersama lauk favorit lainnya, misalnya : ayam goring, ikan goring atau yang lainnya.

8.    Dendeng daging

Jika Anda merasa bosan dengan menu lebaran yang berbumbu tebal, berkuah dan bersantan, kenapa tidak coba menu lainnya yang tak kalah nikmatnya? Yup, dendeng daging bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin menikmati lauk kering nan nikmat. Dendeng bsia dinikmati bersama sambal cabe hijau maupun sambal favorit lainnya.

9.    Telur balado

Jika  Anda kurang suka olahan daging sapi maupun ayam, kenapa tidak coba menikmati olahan telur? Telur balado, besengek telur, bali telur, dan lainnya bsia menjadi pilihan yang pas mendampingi ketupat.

10.    Gado-gado

Anda pecinta salad? Jika ya, coba saja hidangan salad khas Jawa, yakni gado-gado. Makanna yang terdiri dari beragam sayuran, telur, tempe, tahu, dan emping serta saus kacang ini memiliki citarasa yang gurih dan nikmat sehingga cocok dinikmati bareng ketupat lebaran.
Nah, setelah membaca informasi tentang menu khas lebaran yang popular sepanjang masa diatas, masihkah Anda merasa bingung mau masak apa saat lebaran nanti? Semoga bermanfaat yaa! Selamat menyambut lebaran…