Jumat, 03 Juni 2016

Cara Masak Ikan Nila yang Gurih dan Renyah

Ikan Nila Termasuk ikan yang cukup populer di kalangan masyarakat. Ikan Nila memiliki rasa yang gurih dan dagingnya super lembut. Selain digoreng, Ikan nila bisa diolah menjadi sup, asem-asem, mangut dan lainnya. Menggoreng ikan nila sering membuat para ibu malas, karena sering muncrat atau meletus-meletus. Alasan itulah yang membuat sebagian ibu malas masak ikan, kalaupun mau memasak, maka mereka malas berlama-lama menggoreng ikan. Sayang sekali khan, hanya karena malas kena cipratan minyak, lantas Anda rela kehilangan kesempatan menikmati nutrisi yang melimpah dalam ikan Nila. Jika Anda termasuk orang yang malas menggoreng ikan karena alasan suka muncrat dan lama keringnya, mending simak trik cerdas dan singkat masak ikan Nila yang gurih dan renyah.
Dengan menerapkan trik ala DapurLagi ini, dijamin masak ikan nila menjadi moment yang menyenangkan, karena tiak hanya singkat tapi hasilnya juga luar biasa. Ikan lebih gurih dan kering sempurna namun tetap lembut bagian dalamnya. Penasaran? Simak langsung Cara Masak Ikan Nila yang Gurih dan Renyah, berikut ini :

Pilih ikan nila yang segar

Ikan yang segar umumnya akan memiliki citarasa yang lebih gurih an renyah dibandingkan ikan yang tidak segar. Pilih ikan di pasar saat pagi hari, karena biasanya Ikan Nila masih dalam kondisi hidup.
Bersihkan ikan Nila
Untuk menghilangkan rasa pahit, pastikan bersihkan kotoran dan insang ikan. Jangan lupa buang sisiknya juga yaa..

Berikan air perasan jeruk nipis

Untuk meminimalisir bau amis ikan nila, Anda bsia berikan air perasan jeruk nipis. Balurkan secara merata pada tubuh ikan dan diamkan selama 10 menit. Bersihkan dengan air mengalir.

Berikan bumbu rendaman

Agar ikan gurih hingga kedalam, Anda bisa celupkan ikan pada bumbu rendaman selama 10 menit. Potong badan ikan agar bumbu meresap ke dalam dagingnya.

Goreng dalam minyak panas

Setelah direndam dengan bumbu, Anda bisa memanaskan minyak. Kemudian goreng dalam minyak hingga matang dan kering kecoklatan. Agar minyak tidak muncrat, Anda bisa taburkan tepung terigu atau maizena secukupnya. Tepung dapat membantu menyerap kadar air sehingga ikan tidak akan meledak-ledak saat digoreng.

Resep Membuat Ikan Goreng yang Gurih dan renyah

Bahan yang dibutuhkan :

  • ½ kg Ikan Nila, bersihkan dan kerat-kerat dagingnya
    Minyak goreng secukupnya
    2 sdm Tepung terigu atau maizena

Bumbu halus :

  • 2 bh Bawang putih
  • ½ sm garam
  • 2 cm Kunyit
  • 1 sm ketumbar

Cara membuat :

  1. Campurkan bumbu halus dengan air secukupnya
  2. Masukkan ikan nila kedalam bumbu rendaman. Diamkan selama 10-15 menit agar bumbu meresap. Jangan lupa bolak-balik yaa
  3. Panaskan minyak goreng
  4. Masukkan 1 sdm tepung, kemudian masukkan ikan dan goreng hingga kering dan balik ikan. Jika takut muncrat, Anda bisa menambahkan 1 sendok tepung lagi, lalu goreng hingga kering dan matang
  5. Ikan nila goreng yang gurih dan renyah siap disjaikan.
Mudah banget khan? Jika demikian mudahnya, masihkah Anda malas masak ikan nila yang bernutrisi tinggi. Selamat mencoba!