Rabu, 29 Juni 2016

Cara Membuat Ketupat yang Enak, Cepat dan Tidak Mudah Basi

Lebaran tanpa ketupat pasti akan terasa tidak lengkap, bukan? Ketupat termasuk salah satu ikon atau cirri khas dari lebaran, karena itu para ibu pasti berusaha membuatnya. Namun sayangnya, tidak semua ibu berhasil membuat ketupat sendiri yang enak, punel dan tekstur yang pas. Memang sich, kita bisa menemukan beragam jenis ketupat jadi di pasar, namun kabar tidak sedap tentang ketupat berformalin tentu membuat sebagian ibu merasa takut dan ingin membuat ketupat lebaran sendiri. Sebenarnya, membuat ketupat sangatlah mudah dan cepat, asalkan kita tahu triknya.
Nah, jika ibu ingin memasak ketupat sendiri untuk keluarga, sebaiknya simak cara membuat ketupat yang enak, cepat dan tidak mudah basi, berikut ini :

1.    Siapkan selongsong ketupat

Sebelum membuat ketupat, pastikan siapkan selongsong ketupat. Anda bisa membuat sendiri atau bisa juga membeli selongsong di pasar tradisional. Pilih selongsong ketupat yang ukuran dan bentuknya sama agar proses pematangan bisa sempurna.

2.    Siapkan takaran beras yang tepat

Pilih beras yang pulen, lalu cuci dan rendam selama 30 menit. Setelah ditiriskan, Anda bisa mengisikan pada selongsong ketupat. Isi 2/3 bagian saja agar hasilnya pas, yakni empuk dan pulen.

3.    Rebus dalam panci

Setelah ketupat diisi, Anda bisa merebus ketupat dalam panci sesuai ukuran. Didihkan air terlebih dulu, baru kemudian masukkan ketupatnya hingga tenggelam. Jika air menyusut, Anda bisa menambahkan air yang sudha mendidih agar suhunya tetap stabil.

4.    Waktu merebus ketupat

Jika menggunakan panci biasa, Anda membutuhkan  waktu sekitar 4-5 jam agar ketupat matang dan empuk. Namun jika menggunakan panci presto, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam dari panci mendesis. Jangan lupa kecilkan apinya setelah panci mendesis yaa…

5.    Siram air dingin

Setelah ketupat matang dan diangkat dari panci, segera guyur dengan air bersih dan dingin. Hal ini bertujuan menghilangkan sisa-sisa air rebusan yang menyebabkan ketupat cepat basi. Setelah itu, angin-anginkan atau gantung sampai ketupat dingin

6.    Cara menyimpan ketupat

Ketupat akan awet dan teksturnya terjaga jika disimpan dnegan cara yang tepat. Simpan ketupat dalam kulkas, namun Anda bisa membungkusnya lebih dulu dengan plastic. Jika mau disajikan lagi, Anda bisa mengukusnya kembali.
Gimana Bunda, setelah memahami tips dan cara membuat ketupat diatas, pastinya Anda akan lebih mudah mempraktikannya.
Loading...