Kamis, 23 Juni 2016

Sepuluh Cara Rahasia Agar Sukses Membuat Kue Kering

Sebentar lagi lebaran nih, sudah bersiap membuat kue kering? Ada banyak jenis kue kering yang bisa Anda sediakan saat lebaran, dari mulai : nastar, kue semprit, lidah kucing, dan lain sebagainya. Apapun jenis kuenya, yang jelas harus dibuat sesempurna mungkin agar hasilnya tidak sekedar enak, tapi penampilannya juga menggoda. Sayangnya tidak semua orang sukses membuat kue kering yang sesuai impian, karena ada saja masalah yang membuat penampilan maupun citarasa kue menjadi kurang nikmat. Nah, jika Anda ingin membuat kue kering tanpa gagal pada saat lebaran nanti, sebaiknya simak sepuluh cara agar sukses membuat kue kering, berikut ini :

1.    Siapkan semua alat pembuat kue yang dibutuhkan

Sebelum bersiap membuat kue, pastikan siapkan segala peralatan untuk membuat kue, dari mulai : mixer, oven, Loyang, dan lainnya. Gunakan alat yang terbaik untuk mendapatkan hasil kue yang sempurna.

2.    Pilih bahan baku yang berkualitas baik

Selain peralatan membuat kue, pastikan Anda juga siapkan bahan-bahan yang berkualitas, karena bahan yang Anda pilih menentukan rasa, aroma dan juga penampilan kue.

3.    Memilih tepung yang tepat untuk kue kering

Tepung termasuk bahan utama untuk membuat kue kering, karena itu pastikan jangan salah memilih ya! Untuk tepung terigu, Anda bisa memilih yang berprotein rendah, karena dapat menghasilkan tekstur yang renyah dan garing. Apabila menggunakan tepung lain, misalnya sagu atau tapioca, pastikan Anda sangria lebih dulu agar hasilnya lebih renyah.

4.    Pastikan adonan mudah tercampur rata dan lembut

Agar adonan kue yang Anda buat mudha tercampur rata dan lembut, pastikan ayak terlebih dulu bahan kering, seperti : tepung terigu, gula bubuk, garam, baking powder maupun soda kue.

5.    Cara mengocok mentega dan gula

Saat mengocok mentega/margarine dengan gula, pastikan lakukan dnegan singkat atau kurang dari 2 menit karena pengocokan yang terlalu lama akan membuat lemak mudah meleleh dan kue menjadi melebar saat dipanggang.

6.    Cara pencampuran bahan yang tepat agar kue kering tidak gagal

Agar kue kering buatan Anda tidak gagal, pastikan campurkan bahan dengan cara yang tepat, misalnya : jangan masukkan bahan kering kedalam adonan mentega sekaligus. Akan tetapi bagi menjadi tiga tahap dan aduk rata setiap tahap menggunakan sendok kayu . Aduk dengan perlahan agar kue tidak bertekstur keras.

7.    Jika adonan terlalu lembek

Sering merasa panic ketika adonan lembek? Jangan langsung tambahkan tepung ya, karena hanya akan membuat tekstur kue kering menjadi keras dan beraroma tepung. Untuk menyiasatinya, Anda bisa membungkus adonan kedalam plastic dan simpan sebentar ke dalam kulkas.

8.    Olesi Loyang dengan mentega

Agar kue mudah dilepas setelah dipanggang, pastikan Anda gunakan Loyang yang sudah diolesi dengan mentega putih dan bukan margarine.

9.    Memanggang kue dalam waktu dan suhu yang tepat

Meski suhu oven sudah diatur, namun sebaiknya tetap cek sesekali agar hasil pemanggangan benar-benar matang sempurna. Waktu memanggang terlalu lama akan membuat kue cepat gosong dan teksturnya jadi keras. Waktu ideal pemanggangan kue adalah sekitar 20 menit dengan suhu sekitar 130-170 derajat celcius.

10.    Proses penyimpanan yang tepat

Setelah kue matang, pastinya And aingin menyimpan kue ke dalam toples bukan? Pastikan simpan kue ketika sudah benar-benar dingin dan gunakan wadah kedap udara agar kualitas kue tetap terjaga.
Dengan menerapkan Sepuluh Cara Agar Sukses Membuat Kue Kering diatas, dijamin kue hasil buatan Anda akan anti gagal. Semoga bermanfaat dan selamat berkreasi membuat aneka kue kering untuk keluarga tercinta.
Loading...