Selasa, 07 Juni 2016

Tips dan Cara Masak Sambel agar Enak dan Tidak Cepat Basi

Sambal termasuk bahan pelengkap yang wajib ada di meja makan. Keberadaan sambal dapat menambah citarasa tersendiri dalam masakan. Ada beberapa jenis sambal yang bisa menjadi pelengkap hidangan Anda, dari mulai sambal kacang, sambal terasi, sambal petis, sambal bajak, dan masih banyak yang lainnya. Saat ini mungkin Anda bisa dengan mudah menemukan sambal instan di took atau supermarket. Tapi dibandingkan sambal instan, kebanyakan orang lebih sreg membuat sambal sendiri. Selain lebih fresh, higienis dan pastinya tanpa tambahan bahan-bahan berbahaya.
Membuat sambal yang nikmat menggoda tidaklah mudah, dibutuhkan tips dan trik tertentu agar sambal enak dan tidak cepat basi. Ingin tahu bagaimana caranya? Simak Tips dan Cara Masak Sambel agar Enak dan Tidak Cepat Basi, berikut ini :

•    Pilih Bahan utama yang segar

Salah satu kunci sambal yang enak adalah dari bahannya. Pastikan pilih bahan yang segar dan jangan lupa mencucinya hingga bersih. Selain itu, pastikan alat masak yang digunakan sudah bersih, karena kondisi kotor dapat membuat sambal tidka enak dan cepat basi.

•    Bahan campuran yang berkualitas

Selain memilih bahan utama yang segar, pastikan Anda memilih bahan campuran yang berkualitas, misalnya : terasi untuk sambal terasi, petis untuk sambal petis, kecap untuk sambal kecap, dan lainnya.

•    Goreng atau sangrai bahan terlebih dulu

Menggoreng atau menyangrai bahan tertentu dari sambal dapat memudahkan Anda mengulek sambal. Selain itu, sambal yang digoreng atau disangrai juga tidak akan bau langu.

•    Menumis sambal

Adakalanya sambal yang sudah jadi ditumis kembali. Hal ini agar sambal benar-benar tanak dan tidak mudah basi. Ini biasanya berlaku pada sambal tertentu, msialnya : sambal bajak.

•    Menyimpan sambal

Setelah ditumis kembali, And absia menyimpan sambal pada wadah yang bersih dan tertutup. Pastikan tunggu dingin dulu, baru Anda menutup dan menyimpan sambal ke dalam freezer.

•    Gunakan sendok bersih dan kering saat mengambil sambal

Jika ingin mengambil sambal, pastikan gunakan sendok yang bersih dan kering ya. Sendok kotor akan membuat sambal terkontaminasi dan mudah basi atau berjamur.
 Jika Anda suka membuat sambal mentah, Anda tidak bsia menyimpannya dalam waktu lama. Sambal mentah, seperti dabu-dabu atau sambal matah harus dikonsumsi dalam kondisi segar. Semoga informasi yang berjudul Tips dan Cara Masak Sambel agar Enak dan Tidak Cepat Basi diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.
Loading...