Selasa, 02 Agustus 2016

Cara Membuat Ayam Panggang yang Matang Sempurna dan Tidak Berdarah

Ayam panggang termasuk satu olahan ayam yang cukup menggoda, baik dari sisi penampilan maupun citarasanya. Namun begitu, sering dijumpai ayam panggang yang terlihat sempurna dalam sisi penampilan, tapi ketika dinikmati justru terlihat darah kemerahan. Ayam panggang yang masih ada darahnya menunjukkan jika ayam tidak diolah dengan benar atau masih mentah. Ayam panggang yang masih berdarah tersebut tidak layak dikonsumsi, karena mengandung bakteri salmonella dan virus yang dapat membahayakan kesehatan keluarga.

Ayam Panggang yang Matang Sempurna dan Tidak Berdarah

Saat memasak ayam panggang, kita wajib memperhatikan tingkat kematangan ayam. Proses memasak yang benar akan membuat citarasa dan penampilan ayam jadi lebih sempurna dan pastinya aman dikonsumsi oleh semua keluarga. Agar ayam panggang  buatan Anda bisa matang sempurna dan tidak berdarah, simak cara mudahnya berikut ini :

Ukuran ayam yang sama

Agar ayam panggang matang sempurna, pastikan ukuran potongan ayam seragam. Ukuran yang tidak rata akan membuat sebagian ayam yang berukuran besar menjadi kurang matang sempurna.

Matangkan ayam

Untuk memastikan ayam matang sempurna dan tidak berdarah, Anda bisa mematangkan ayam terlebih dulu, misalnya dengan cara : mengukus, merebus, atau mengukep bersama bumbu.

Tusuk-tusuk daging ayam

Agar ayam panggang tidak berdarah, Anda bisa menusuk-nusuk atau memukul daging ayam. Hal ini tidak hanya membantu bumbu meresap lebih kuat, tapi juga membuat ayam lebih empuk.

Panggang hingga merata

Agar penampilan ayam panggang Anda bisa sempurna, pastikan atur suhu api yang pas dan panggang ayam sambil dibolak-balik agar merata. Usahakan masak ayam dalam api kecil dan dalam waktu lama agar ayam lebih matang sempurna.

Resep Ayam Bakar Madu yang Lezat Menggoda

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

•    1 ekor ayam kampung, potong-potong
•    5 sdm kecap manis
•    3 sdm Madu

Bumbu yang dihaluskan

•    8 bh Bawang merah
•    6 bh Bawang putih
•    1 sdm ketumbar
•    3 cm Kunyit
•    Garam secukupnya
•    2 sdm air asam jawa
•    100 gr gula merah bubuk

Cara Memasak :

1.    Setelah dicuci bersih, lumurkan bumbu halus pada daging ayam secara merata
2.    Masak ayam hingga bumbu meresap kuat (ungkep)
3.    Panaskan pemanggang dan panggang ayam hingga matang kecoklatan
4.    Campurkan madu, kecap dan sisa bumbu, lalu sesekali celupkan ayam dan bakar kembali hingga matang.
5.    Sajikan ayam panggang bersama sambal kecap dan bawang iris.
Mudah banget khan? Semoga informasi yang berjudul Cara Membuat Ayam Panggang yang Matang Sempurna dan Tidak Berdarah diatas dapat menginspirasi Anda semua.

Tag :  ayam panggang kenny rogers ayam panggang simple ayam panggang oven ayam panggang madu bumbu ayam panggang resep ayam panggang ayam panggang kecap ayam panggang recipe
Loading...