Rabu, 10 Agustus 2016

Tips dan Cara Menyimpan Cabai Agar Tidak Cepat Busuk

Suka menikmati makanan pedas? Jika ya, pastilah Anda merasa sedih saat harga cabai mahal. Apalagi cabai termasuk bumbu masak yang mudah sekali busuk jika cara menyimpannya salah. Sayang sekali bukan, jika stock cabai yang sudah Anda beli justru busuk dan berakhir di tempat sampah. Lalu bagaimana solusinya agar cabai lebih awet dan tidak mudah busuk? Tidak perlu cemas, disini kita akan membagikan Tips dan Cara Menyimpan Cabai Agar Tidak Cepat Busuk, berikut ini :

•    Pilih cabai yang segar

Agar cabai tidak mudah busuk, pastikan memilih cabai yang segar dan baik. Diantara cirri-ciri cabai yang baik, yakni : masih bertangkai, warnanya mengkilat, tidak busuk, dan lainnya.

•    Hindari membeli cabai yang basah

Kondisi basah membuat cabai mudah busuk, karena itu pastikan hindari hindari membeli cabai yang basah atau terlihat lembab.

•    Cuci dan keringkan cabai

Sebelum disimpan, Anda bisa mencuci cabai hingga bersih. Setelah itu jangan langsung disimpan, karena Anda harus mengeringkan lebih dulu cabainya. Gunakan kain, spons atau tissue untuk menyerap air. Baru kemudian simpan cabai dengan baik.

•    Simpan dalam wadah tertutup dan masukkan dalam kulkas

Masukkan cabai yang sudah kering kedalam wadah tertutup agar terhindar dari kelembapan udara dalam kulkas. Dengan cara tersebut, maka cabai akan lebih awet dan tidak mudah busuk.

•    Pisahkan cabai yang sudah dipotong

Mencampur cabai yang sudha dipotong dapat sebabkan cabai lainnya mudah busuk, karenanya pastikan pisahkan cabai yang sudah dipotong dnegan cabai yang masih utuh.

•    Olah menjadi cabai bubuk

Jika Anda ingin cabai awet dan tahan lama, Anda bisa mengolahnya menjadi bubuk cabai. Caranya cukup keringkan cabai dalam panas matahari, lalu haluskan dan simpan dalam wadah tertutup.

•    Jadikan pasta cabai

Menghaluskan cabai dapat memudahkan Anda ketika menggunakannya sebagai bumbu masak. Anda bisa menghaluskan cabai, kemudian tumis hingga matang atau Anda bisa mengukusnya. Setelah itu simpan dalam wadah tertutup dan Anda bsia menggunakan saat dibutuhkan.
Mudah banget khan? Dengan Tips dan Cara Menyimpan Cabai Agar Tidak Cepat Busuk diatas, Anda tidak akan merasa bingung lagi ketika harga cabai tiba-tiba melambung tinggi. Semoga bermanfaat yaa!

tag :  cara mengawetkan cabe secara alami cara menyimpan bawang merah cara menyimpan cabe merah di kulkas cara menyimpan cabai tanpa kulkas cara menyimpan cabe giling agar tahan lama cara menyimpan cabai rawit agar tahan lama cara menyimpan tomat cara menyimpan cabe merah agar awet
Loading...