Senin, 12 September 2016

Cara Menyimpan Daging Qurban Agar Awet & Aman Dikonsumsi

Ada yang mendapatkan jatah daging kurban dalam jumlah yang besar? Ketika stock daging melimpah, pastilah Anda harus pandai menyimpannya agar awet dan tetap aman dikonsumsi. Bukan rahasia lagi kalau daging termasuk bahan makanan yang mudah rusak, terutama jika proses penyimpanannya kurang tepat. Daging yang rusak sangat berbahaya dikonsumsi karena dapat sebabkan keracunan. Penyimpanan yang tepat dapat membuat stock daging lebih awet hingga 3 bulan. 

Nah, agar stock daging kurban milik Anda tetap awet dan aman dikonsumsi, sebaiknya simak caranya berikut ini :

•    Pisahkan daging kurban

Biasanya daging kurban terdiri atas beberapa bagian dari daging, misalnya : jerohan, daging, lemak, tulang. Nah, sebelum menyimpannya, baiknya pisahkan dulu perbagian agar Anda lebih enak menyimpannya.

•    Potong-potong daging seukuran

Ketika Anda memiliki stock daging yang melimpah, Anda bisa pisahkan dalam beberapa bagian, mialnya : per 250 gr, per 500 gr atau terserah Anda. Jadi daging harus disimpan dalam kondisi sudah dipotong-potong agar proses pembekuan bisa merata. Intinya, Anda bisa memisahkan daging untuk sekali pemakaian. Jadi ketika hendak mengambil daging, Anda tidak perlu membuka stock daging lainnya yang tidak digunakan.

•    Masukkan dalam kantung plastic rapat

Setelah dipotong-potong, Anda bisa menyimpan daging kedalam kantung plastic. Setiap bagian, And absia menutupnya rapat agar daging tidak mengalami dehidrasi yang sebabkan daging berubah warna menjadi kecoklatan atau kurang menarik.

•    Simpan stock daging dalam freezer

Menyimpan daging dalam suhu 40 derajat celcius akan membuatnya bertahan hingga 2-3 hari, sementara jika disimpan dalam freezer maka dapat bertahan hingga 3 bulan.

•    Cairkan dulu sebelum digunakan

Sebelum menggunakan daging, Anda bisa mencairkan daging lebih dulu. Caranya cukup merendam daging yang masih terbungkus plastic, membiarkan dalam suhu ruang atau dengan cara memindahkan pada chiller hingga mencair esnya.

•    Hindari memasukkan kembali dgaing ke dalam freezer

Ketika sudah diambil, jangan pernah kembalikan dgaing kedalam freezer, karena daging mudah terkontaminasi bakteri dan mengalami kerusakan. Segera olah daging hingga habis, tapa harus otak-atok stock daging Anda yang lainnya.
Hem,mudah banget dan tak pakai ribet khan? Setelah memahami rahasia menyimpan daging kurban agar awet dan aman dikonsumsi diatas, pastilah Anda tidak perlu takut saat menyimpan stock daging kurban. 


Tags :  cara menyimpan daging ayam cara menyimpan daging sapi menyimpan daging di freezer cara penyimpanan daging yang baik cara menyimpan daging sapi di kulkas cara menyimpan daging di kulkas agar awet cara menyimpan daging tanpa kulkas cara menyimpan daging sapi mentah di kulkas
Loading...