Selasa, 22 November 2016

Puding Lumut Pandan, Si Hijau yang Legit Menggoda

Pernahkah Anda tergoda untuk menikmati lumut yang menghijau? Saat ditanya demikian, pastilah Anda akan menolaknya, karena lumut merupakan salah satu tanaman yang tidak bsia dikonsumsi. Namun lumut ini sangatlah berbeda, karena tidak hanya penampilannya yang menggoda, tapi rasanya juga sangat legit dan enak. Yup, dialah Puding Lumut pandan yang merupakan salah satu kreasi pudding yang memiliki citarasa nikmat dan tampilan yang unik dan cantik. Keunikan dari pudding lumut pandan ini dijamin akan membuat siapapun tergoda untuk mencicipinya.

Cara membuat pudding lumut tidaklah sesulit yang dibayangkan, karena dengan memahami triknya, dijamin siapapun bisa langsung mempraktikkannya. Bahan yang dibuat untuk pudding lumut ini adalah agar-agar plain atau tanpa rasa karena memiliki warna dan rasa yang netral sehingga kita bisa membuatnya sesuai dengan keinginan. Ingin tahu bagaimana caranya? Simak langsung step by stepnya berikut ini : 

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

•    1 bks agar-agar plain
•    150 gr gula pasir
•    1 btr telur, kocok lepas
•    10 lbr daun suji, potong-potong
•    10 lbr daun pandan, potong-potong
•    400 ml air/2 gelas air
•    1/2 sdt garam
•    500 ml santan kental

Cara Membuat Puding Lumut Hijau Pandan

1.    Campurkan daun pandan dan daun suji, blender dengan 2 gelas air hingga halus. Saring airnya
2.    Masukkan air dalam panic bersama agar-agar, gula pasir, garam, dan telur yang sudah dikocok. Aduk-aduk hingga merata
3.    Tuangkan santan kental, lalu aduk lagi hingga tercampur rata
4.    Panaskan api, lalu rebus pudding dalam api sedang hingga mendidih sembari aduk-aduk agar merata
5.    Setelah mendidih, kecilkan apinya dan biarkan pudding selama beberapa saat dan jangan diaduk agar adonan bisa membentuk gumpalan yang menyerupai lumut dan airnya bening.
6.    Matikan apinya dan tunggu uapnya hilang
7.    Masukkan kedalam cetakan dan biarkan dingin. Baru masukkan ke dalam kulkas agar rasanya lebih segar dan nikmat
Gimana sobat, mudah banget bukan? Pudding lumut pandan ini sangat cocok disajikan di berbagai suasana karena citarasanya sangat menggoda. Mau jadikan suguhan untuk tamu atau cemilan, tetap saja nikmat.. selamat mencoba!