Sabtu, 19 November 2016

Resep dan Cara Membuat Kulit Risoles yang Lembut dan Tidak Mudah Sobek

Anda suka menikmati kue Risoles? Salah satu kunci lezat dari kue yang satu ini terletak pada kulitnya yang lembut dan lezat. Kulit risoles yang lembut dan lentur akan membuat tekstur kue jadi lebih menarik. Kulit risoles dibuat dari campuran tepung, telur, susu, garam dan sedikit air yang kemudian dicetak dalam Teflon. Saat ini mungkin sudah banyak yang menyediakan kulit risoles instan, namun sayangnya rasanya kurang nikmat dan teksturnya juga tidak selembut buatan rumahan. Sebenarnya membuat kulit risoles tidak sesulit yang dibayangkan loh, tapi sebelumnya Anda harus memahami triknya agar hasilnya lebih lembut, lentur dan tidak mudah sobek saat dilipat.

Nah, jika Anda merasa kesulitan membuat kulit risoles yang enak dan lentur, baiknya simak tips dan triknya berikut ini :

Siapkan bahan yang tepat

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kulit risoles, antara lain : tepung terigu, telur, garam, susu, mentega, dan air secukupnya.

Tambahkan bahan khusus agar lebih lentur

Jika umumnya bahan yang digunakan adalah terigu, maka Anda bisa menambahkan sagu/maizena agar hasilnya lebih lentur lagi. Selain itu, penambahan kuning telur juga membuat hasilnya lebih sempurna.  Tapi jangan terlalu banyak telur, karena hanya akan membuat hasilnya menjadi berpori dan tidak menarik.

Kekentalan adonan yang pas

Campurkan semua bahan dan aduk-aduk hingga memperoleh kekentalan yang  pas, yakni : tidak terlalu encer/kekentalan agar hasil cetakan bisa tepat.

Cetak tipis-tipis

Agar tidak mudah sobek, cetak kulit risoles tipis-tipis. Selain lebih lentur, kulit yang tipis juga lebih mudah saat dilipat.

Gunakan api sedang saat mendadar risoles

Mendadar kulit risoles menggunakan api kecil agar hasilnya tepat, tidka terllau gsong atau kering. Dadar kulit dalam kondisi terbuka dan tidka perlu menutup wajan yaa…

Lentur

Kunci enak risoles adalah kulitnya yang lentur, sehingga memudahkan kita dalam memasukkan isi dan membentuk kue sesuai selera. Agar tekstur kulit bisa lentur, pastikan cetak kulit hingga basah saja, tidak kering atau terlalu matang. Karena kalau kulitnya terlalu kering/matang, maka akan robek saat diisi/dibentuk.
Mudah banget bukan? Setelah memahami cara membuat kulit risoles yang enak, lembut dna lentur diatas, pastinya Anda akan lebih rajin membuatkan kue favorit untuk keluarga tercinta, bukan? Selamat berkreasi!
Loading...