Jumat, 23 Desember 2016

Cara Memilih Cumi Segar dan Berkualitas

Bagi penggemar seafood, cumi termasuk paling banyak difavoritkan dibandingkan jenis seafood lainnya. Selain memiliki nutriri tinggi, daging cumi juga lebih lezat dan pastinya tidak terdapat duri didalamnya sebagaimana ikan. Cumi bisa diolah menjadi aneka hidangan yang lezat dan menggugah selera, dari mulai cumi goreng crispy, gulai cumi, cumi asam manis, sup, dan masih banyak menu pilihan lainnya. Untuk mendapatkan olahan cumi yang enak, Anda tidak hanya wajib memperhatikan bagaimana cara mengolah cumi, tapi juga cara memilih cumi yang segar dan berkualitas. Karena salah memilih cumi dapat mempengaruhi citarasa masakan Anda.

Nah, agar Anda tidak salah memilih cumi, baiknya simak bagaimana cara memilih cumi segar dan berkualitas, berikut ini :

1.    Perhatikan kulitnya

Sebelum memilih cumi, pastikan perhatikan kulit cumi. Cumi yang segar memiliki kulit luar yang masih utuh (tidak robek) berwarna putih bercak kemerahan atau kecoklatan. Hindari membeli cumi yang kulit luarnya berwarna merah muda dan dagingnya berwarna kuning, karena itu menunjukkan cumi sudah lama.

2.    Perhatikan mata cumi

Cumi segar memiliki mata yang bening dan masih utuh bentuknya atau menempel sempurna pada kulit ari.

3.    Cium aroma

Cara lain untuk mengetahui cumi segar atau tidaknya adalah dengan cara mencium aromanya. Cumi segar memiliki aroma khas laut yang tidak amis atau tidak busuk menyengat.

4.    Kepalanya masih utuh dan terpasang sempurna

Perhatikan kepala cumi, kalau dia masih terpasang utuh maka menandakan cumi masih segar. Sebaliknya jika kepala cumi sudah lepas, maka hindari membelinya, karena menunjukkan cumi sudah lama.

5.    Memilih cumi besar atau kecil

Pilih cumi yang tepat sesuai menu olahan Anda, misalnya : pilih cumi yang kecil ukurannya jika ingin cepat matang, karena cumi besar membutuhkan waktu lama agar bisa matang/empuk.

6.    Menyimpan cumi

Jika tidak ingin segera dimasak, sebaiknya simpan cumi dengan cara yang benar agar awet, yakni : didalam frezer karena bisa tahan hingga 2 bulan. Tapi simpan cumi di dalam wadah tertutup agar tidak ada jalan masuk udara yang sebabkan cumi busuk.
Nah, dengan mengetahui cara memilih cumi yang segar dan berkualitas diatas, tentunya akan memudahkan Anda memasak cumi yang lezat dan bercitarasa tinggi.
Loading...