Jumat, 23 Desember 2016

Resep dan Cara Membuat Bubur Sumsum yang Gurih dan Lembut

Bubur sumsum memiliki rasa lezat dan aroma yang wangi, karena dibuat dari perpaduan tepung beras, santan kelapa, garam dan daun pandan. Bubur sumsum tidak hanya cocok dijadikan menu sarapan pagi, cemilan disaat sengang, atau bisa juga dijadikan makanan anak. Penampilan bubur sumsum akan lebih menarik jika dipadukan dengan aneka toping yang istimewa, diantaranya : bubur mutiara, ketan hitam, kacang hijau, biji salak, dan lainnya. Membuat bubur sumsum enak dan lembut bisa dibilang sangat mudah dan praktis, namun bagi yang tak biasa akan menjadi sulit. Karena teknik yang salah akan menghasilkan bubur yang tidak sesuai keinginan, bahkan bsia jadi terlalu kaku, encer atau bahkan menggumpal.  Untuk itulah disini kita akan bagikan tips dan cara membuat bubur sumsum yang enak dan lembut.

Ingin tahu rahasianya? Simak langsung Resep dan Cara Membuat Bubur Sumsum yang Gurih dan Lembut, berikut ini :

•    Komposisi bahan yang pas

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat bubur sumsum sangatlah sederhana, diantaranya : tepung beras ( bisa juga dicampurkan tepung terigu), santan kelapa, garam, daun, dan pandan. 
  • Ayak tepung

Sebelum diolah, pastikan Anda mengayak tepung beras agar tidak menggumpal dan teksturnya lembut sempurna.

•    Aduk-aduk bahan sebelum dimasak

Sebelum dimasak, campurkan semua bahan kedalam panci dan aduk-aduk hingga merata. Baru setelah merata, Anda bisa memasaknya diatas api.

•    Masak dalam api sedang

Agar mendapatkan tekstur bubur yang pas, masak dalam api sedang dan aduk-aduk bubur terus hingga mengental.

•    Buat saus yang lezat

Untuk menyempurnakan rasa bubur sumsum buatan Anda, buatlah saus gula merah dengan kekentalan yang pas. Pilih gula merah yang berwarna gelap dan masak dnegan air dan daun pandan agar aromanya lebih wangi. Jangan lupa saring sebelum disajikan agar kotorannya hilang.
      Hem, ternyata membuat bubur sumsum yang enak dan teksturnya lembut tidaklah sesulit yang dibayangkan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk kita semua.