Rabu, 04 Januari 2017

Cara Masak Martabak yang Lembut dan Bersarang

Cara Masak Martabak yang Lembut dan Bersarang  - Martabak menjadi salah satu kue yang banyak digemari karena rasa, tekstur yang juga toppingnya yang beragam. Martabak bisa dengan mudah kita temukan di pedagang kaki lima pada sore hingga malam hari. Sebenarnya martabak dibuat dari bahan yang sangat sederhana dan prosesnya juga sangat mudah. Hanya saja, kita harus memperhatikan bahan bakunya, cara pembuatannya dan juga cara memanggang. Jika tidak menguasai tekniknya dengan baik, maka hasilnya jadi kurang sempurna, misalnya : martabak jadi tidak bersarang, bantet, tidak lembut, tidak matang sempurna, dan masih banyak kekurangan lainnya. Nah, agar martabak manis buatan Anda bisa matang sempurna, lembut dan bersarang, sebaiknya simak tips dan Cara Masak martabak yang lembut dan bersarang, berikut ini :

Pemilihan bahan kulit martabak

Tepng terigu merupakan bahan utama yang digunakan untuk kulit martabak. Agar martabak buatan Anda memiliki tekstur yang empuk, maka pilihlah tepung terigu protein sedang. Hindari terigu protein tinggi karena dapat sebabkan teksturnya keras, begitupun yang protein rendah karena dapat sebabkan martabak tidak bersarang.

Proses pembuatan kulit yang tepat

Selain pemilihan bahan yang tepat, pastikan langkah pembuatannya juga tepat. Untuk membuat kulitnya, Anda bisa campurkan tepung terigu dengan air, baking powder, gula dan telur. Kemudian kocong adonan dengan mixer agar licin selama 10 menit.

Istirahatkan adonan selama 1-2 jam

Setelah di mixer, Anda bsia mendiamkan adonan selama kurang lebih 1-2 jam. Proses ini dilakukan agar adonan bisa berfermentasi dnegan baik. Cara ini juga bermanfaat membuat adonan bisa mengembang sempurna, tidak liat dan bisa berpori.

Proses pemanggangan yang tepat

Pemanggangan adonan bsia dilakukan selama 10- 15 menit. Waktu tersebut tidak hanya membuat kulit martabak matang, tapi juga bersarang. Tapi sebelum menuangkan, pastikan panaskan Loyang hingga merata karena jika kurang panas, maka martabak tidak akan bersarang. Tidak perlu mengoleskan minyak atau margarine saat memanggang yaa!

Jaga api agar panasnya merata

Saat proses pemanggangan, kita harus memperhatikan panas api. Pastikan api kompor tersebar merata dan tidak hanya setengah atau bagian pinggir saja.
Dengan tips dan cara sederhana yang kita sebutkan diatas, pasti martabak buatan Anda jauh lebih menggoda, lembut dan bersarang. Setelah selesai, Anda tingga mengoleskan margarine dan menaburkan toping sesuai keinginan. Semoga informasi yang berjudul Cara Masak Martabak yang Lembut dan Bersarang diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Loading...