Minggu, 08 Januari 2017

Lima Tips dan Cara Menggoreng Makanan Agar Rendah Kolesterol

Hampir semua orang pasti ingin memiliki tubuh sehat dan terhindar dari penyakit, bukan? Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan menghindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Seperti yang kita tahu, pengolahan makanan dengan cara digoreng membuat kandungan kolesterolnya meningkat. Lalu apakah kita harus menghindari makanan yang diolah dengan cara digoreng? Tentu saja tidak, karena dengan cara tertentu, kita tetap bisa mengonsumsi makanan yang diolah dengan cara digoreng. Kira-kira cara menggoreng seperti apakah yang tidak membuat kadar kolesterol meningkat? Agar lebih jelasnya, simak Lima Tips dan Cara Menggoreng Makanan Agar Rendah Kolesterol, berikut ini:

1.    Pilih minyak kelapa

Dibandingkan minyak goreng biasanya, penggunaan minyak kelapa jauh lebih bagus dan sehat untuk menggoreng makanan karena lebih rendah kolesterol. Tapi ingat, jangan gunakan suhu tinggi saat menggoreng ya!

2.    Gunakan minyak zaitun

Selain minyak kelapa, Anda juga bisa memanfaatkan minyak zaitun untuk menumis atau menggoreng makanan. Minyak zaitun lebih kaya nutrisi dan rendah kolesterol sehingga bagus digunakan untuk memasak.

3.    Hindari menggunakan minyak berkali-kali

Penggunaan minyak berkali-kali sangat tidak dianjurkan karena dapat mengganggu kesehatan. Minyak yang dipakai berkali-kali tidak hanya kotor, tapi juga mengandung kolesterol tinggi.

4.    Menggoreng ketika minyak sudah panas

Menggoreng dalam kondisi minyak yang sudah panas dapat mengurangi penyerapan minyak. Tapi ingat, hindari memasak dalam suhu api yang terlalu tinggi yaa.

5.    Tiriskan minyak dengan tisu/kertas makan

Agar makanan tidak mengandung banyak minyak, pastikan tiriskan dulu setelah selesai menggoreng pada tisu/kertas makan. Cara ini menghindari makanan terlalu berminyak dan berkolesterol tinggi.
Dengan cara sederhana diatas, pastinya Anda tidak lagi parno ketika mengonsumsi makanan yang diolah dengan cara digoreng. Semoga bermanfaat yaa!