Jumat, 10 Maret 2017

Apa Beda Tepung Terigu, Tepung Tapioka, Tepung Maizena dan Tepung Lainnya

Anda sering bingung ketika memilih tepung? Jenis tepung memang ada banyak, begitupun dengan kegunaannya. Jangan sampai salah memilih jenis tepung, karena hasil masakan jadi kurang maksimal atau justru jadi berantakan. Jika selama ini Anda merasa kebingungan untuk membedakan jenis-jenis tepung, maka disini kita akan membagikan informasi tentang  Apa Beda Tepung Terigu, Tepung Tapioka, Tepung Maizena dan Tepung Lainnya berikut ini :

apa beda tepung kanji, tepung terigu, tepung maizena, dan lainnya

1.    Tepung Terigu

Tepung terigu termasuk tepung yang banyak sekali digunakan untuk bahan utama kue, mie, cake, dan ainnya. Tahukah Anda jika tepung terigu dibuat dari gandum, adapun jenis terigu dibedakan lagi menjadi tiga, yakni : terigu protein tinggi (lebih elastic dan mudah mengembang, untuk bahan roti, mie), terigu protein sedang (untuk adonan fermentasi, misalnya : donat, bakpau, cake, bapel, onde-onde, dan lainnya) dan terigu protein rendah (untuk membuat kue kering, pastel, gorengan, dan lainnya). Tips dan Cara Memasak Sagu Mutiara Agar Tidak Hancur Dan Matang Sempurna

2.    Tepung beras dan tepung ketan

Tepung ini sesuai dengan namanya, yakni dibuat dari beras atau ketan. Keduanya biasa dimanfaatkan untuk membuat cemilan atau jajanan pasar, misalnya : untuk tepung beras untuk bubuk, nagasari, lapis, pelapis gorengan, dan lainnya. Untuk tepung ketan untuk bahan membuat wingko, getas, dan lainnya.

3.    Tepung Sagu

Tepung sagu dibuat dari saripati batang pohon sagu yang sifatnya kenyal sehingga banyak dimanfaatkan untuk bahan bakso, pempek, tahu bakso, bika ambon, dan lainnya.  Cara Menggoreng Kentang Agar Renyah dan Tidak Lembek

4.    Tepung Hunkwe

Tepung hunkwe terbuat dari saripati kacang hijau yang seringkali dimanfaatkan sebagai bahan membuat kue tradisional yang teksturnya lembut dna kenyal, mislanya : cendol, nagasari, kue cantik manis, dan bsia juga dijadikan campuran pelapis gorengan

5.    Tepung Tapioka

Tepung tapioca terbuat dari saripati singkong atau ubi kayu yang memiliki tekstur kenyal. Biasanya dimanfaatkan untuk campuran bakso, dadar jagung, campuran bubur kacang hijau,  dan kue lainnya.

6.    Tepung maizena atau tepung jagung

Tepung jagung atau tepung maizena terbuat dari saripati jagung yang banyak dijadikan bahan perpaduan dengan tepung terigu. Adapun fungsinya adalah melembutkan tekstur cake, merenyahkan kue kering dan mengentalkan sup, saus, dan lainnya.

7.    Tepung Panir

Tepung panir atau tepung roti merupakan remahan dari roti yang bertekstur kasar sehingga gorengan jadi bertekstur renyah, cepat matang dan tidak menyerap minyak. Jenis makanan yang biasanya menggunakan teopung panir, yakni : nugget, kroket, ayam, udnag, dan lainnya.
Setelah mengenal beberapa jenis tepung dan manfaatnya diatas, pastinya Anda tidak bingung lagi ketika mempraktikkan suatu masakan. Semoga informasi tentang Bingung Membedakan Jenis Tepung? Kenali Nama dan Kegunaan Tepung Yuk! diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.


Tags : macam macam tepung dan kegunaannya, tepung maizena sama dengan tepung kanji, nama lain tepung terigu, nama lain tepung sagu, pengganti tepung maizena, merk tepung maizena di pasaran, tepung hunkwe terbuat dari, pengganti tepung sagu, nama lain tepung terigu, nama lain tepung beras, nama lain tepung sagu, nama lain tepung maizena, pengganti tepung maizena, macam macam tepung dan kegunaannya, pengganti tepung sagu , tepung hunkwe terbuat dari
Loading...