Senin, 27 Maret 2017

Tips dan Cara Masak Ikan Bakar agar Tidak Lengket dan Daging tidak Hancur

DapurLagi - Ikan bakar merupakan salah satu olahan ikan yang banyak digemari karena memiliki citarasa khas yang menggoda. Ikan bakar juga banyak difavoritkan saat pesta BBQ karena cara memasaknya sangat simple dan praktis, bahkan sangat enak hasilnya meski hanya dicocol sama saus kecap atau sambal saja. Namun sayangnya tidak banyak orang yang berhasil membuat ikan bakar dengan tekstur yang utuh dan matang sempurna. Ada yang bilang lengket, hancur, terlalu gosong atau bahkan kurang matang. Semua problem tersebut bisa dihindari dnegan mudah, asalkan Anda memahami tips dan caranya yang benar. Nah, agar ikan bakar Anda tidak lengket dan hancur, sebaiknya simak tips dan caranya berikut ini : Cara Menyimpan Ikan Agar Awet dan Tidak Mudah Busuk
ikan bakar tidak lengket dan hancur/https://bbs.pku.edu.cn

1. Pilih jenis ikan yang berdaging tebal

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih ikan yang berdaging tebal, karena tidak mudah hancur saat dibakar, seperti : ikan gurame, ikan bawal, ikan kakap, barunong dan lainnya. Hindari memilih ikan yang berdaging tipis karena akan mudah hancur saat dibakar. Cara Memasak Ceker Protol yang Empuk dan Bumbunya Meresap Kuat

2.  Pilih hanya ikan segar

Syarat lain yang harus diperhatikan agar ikan tidak hancur saat dibakar adalah memastikan ikan yang diolah adalah ikan yang segar. Selain tidak mudah hancur, ikan segar juga memiliki citarasa yang manis dan segar.

3. Cuci bersih dan belah ikan

Ikan harus dibersihkan dari sisik dan kotoran sebelum dibakar. Jangan lupa mengerat daging ikan agar bumbu bisa meresap dalam dagingnya. Jika ingin lebih mantap lagi, belah ikan dengan posisi melebar agar bumbu lebih meresap dan matang sempurna.

3. Marinasi ikan

Setelah ikan dibelah, Anda bsia merendam ikan kedalam bumbu/marinasi. Balurkan bumbu secara merata, lalu simpan dalam kulkas selama 10-20 menit. Tapi sebelumnya, And abisa membaluri garam dan air jeruk nipis agar aroma amisnya hilang. Setelah bumbu meresap, Anda bsia membakar ikan seperti biasanya.

4. Oleskan minyak

Untuk mencegah ikan lengket pada panggangan, Anda bsia mengoleskan minyak secukupnya pada tubuh ikan. Namun jika ingin praktis, Anda bisa menambahkan minyak kedalam bumbu rendaman tadi.

5. Bakar hingga matang

Anda bisa membakar ikan menggunakan alat penjepit ikan, namun bisa juga menggunakan happy call. Oleskan kembali bumbu ikan dan bakar hingga matang. Jangan terlalu sering dibalik, kecuali sudah benar-benar matang/kering.  Jika Anda khawatir ikan masih lengket, Anda bisa mengalasinya dengan daun pisnag atau alumunium foil.
Dengan tips dan cara membakar ikan diatas, dijamin olahan ikan Anda akan lebih lezat dan matang sempurna tanpa khawatir dagingnya lengket dan hancur. Selamat mencobaa!

Tags : cara bakar ikan di kompor gas, tips membakar ikan di teflon, cara bakar ikan yang benar, cara bakar ikan dengan happy call, cara bakar ikan agar tidak hancur, cara bakar ikan di wajan, tips bakar ikan, jenis ikan yang cocok untuk dibakar
Loading...