Rabu, 24 Mei 2017

Malas Makan Sahur? Lakukan 6 Tips Ini Untuk Mengatasinya

DapurLagi - Bulan puasa tinggal menghitung hari, artinya kita harus bersiap mengubah kebiasaan makan, dari yang biasanya sarapan di pagi hari menjadi makan sahur pada dini hari sebelum subuh atau yang disebut makan sahur.  Karena beberapa alasan, ada beberapa orang yang mengeluh jika kurang berselera makan saat sahur. Tapi hal itu jangan dijadikan alasan, karena dalam sahur ada banyak keberkahan, bahkan disebutkan jika makan sahur itu hukumnya sunnah. Oleh karena itu, pastikan Anda tidak pernah meninggalkan makan sahur di bulan ramadhan. Tapi bagaimana jika seseorang malas makan sahur? Tidak perlu cemas, karena disini kita akan membagikan tips agar semangat dan berselera makan saat sahur, diantaranya : Tips dan Cara Memasak Iga Agar Lebih Empuk dan Lezat 

makan sahur/https://www.klix.ba

1.    Pahami jika makan sahur itu ibadah

Dalam sahur terdapat banyak keberkahan, bahkan disebutkan jika hokumnya adalah sunnah, jadi ketika kita mengamalkannya maka akan ada pahala sunnah yang kita dapatkan. Cara Membuat Telur Dadar Tebal dan Gurih Ala Rumah Makan Padang
Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu beliau berkata, Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Makan sahurlah kalian, karena sesungguhnya dalam makanan sahur terdapat barakah” (Muttafaqun ‘alaih)

2.    Pilih makanan yang menambah selera makan

Waktu dini hari seringkali membuat kita malas sekali menikmati makanan. Akan tetapi karena hikmah dan manfaatnya besar, maka haruslah kita paksakan. Salah satu caranya adalah dengan memilih makanan yang menambah selera makan, seperti makanan berkuah, makanan pedas, bakaran atau yang diolah dengan cara dikukus.

3.    Hindari makanan berat

Makanan berat, seperti mengandung karbohidrat tinggi, berbumbu tajam atau bersantan tidak hanya membuat kita kehilangan selera makan, tapi juga berpotensi membuat pencernaan bermasalah selama puasa.

4.    Konsumsi buah dan sayuran

Buah dan sayuran kaya nutrisi dan serat yang membuat Anda kenyang lebih lama sehingga Anda tidak boleh melalaikannya. Anda bisa mengonsumsi secara langsung, diolah atau dibuat jus. Konsumsi buah pada tahap pertama, tepatnya setelah bangun tidur karena cara ini bisa membantu Anda untuk menghilangkan kantuk.

5.    Cukupi kebutuhan cairan

Cairan sangat dibutuhkan tubuh sebagai bekal saat seharian penuh berpuasa. Anda bisa minum air putih sebanyak 3-4 gelas selama waktu sahur.

6.    Pilih lauk yang tepat

Untuk lauk, Anda bisa memilih lauk yang kaya protein nabati dan hewani, seperti : tahu, tempe, telur, daging, ikan, dan lainnya. Agar tidak bosan, Anda bisa mengolah lauk dnegan cara yang bervariasi, seperti : di pepes, dibacem, dikukus, ditumis, dibakar, dipanggang dan lainnya.
Setelah mengetahui beberapa tips diatas, pastinya Anda akan lebih bersemangat lagi untuk melaksanakan ibadah yang luar biasa ini. Selamat berpuasa!

Tags : menu sahur sehat dan praktis, menu sahur sehat untuk diet, makanan sahur agar kuat puasa, makanan yang cocok untuk sahur, menu sahur sehat sederhana, menu sahur sehat dan murah, menu sahur sederhana dan bergizi, cara diet puasa senin kamis
Loading...