Kamis, 05 Oktober 2017

6 Tips Agar Minyak Goreng Tak Mudah Keruh dan Menghitam

DapurLagi - Pernahkah Anda merasa jengkel ketika baru menggoreng satu dua kali saja, tapi minyak sudah keruh dan menghitam? Minyak goreng termasuk bahan yang penting untuk memasak, karena hampir selalu digunakan untuk memasak. Penggunaan minyak goreng yang benar sangat penting diperhatikan, karena pemakaian minyak berkali-kali dapat membuatnya keruh dan menghitam. Padahal kita tahu, kalau minyak keruh dan menghitam tidak boleh digunakan lagi karena dapat berdampak buruk pada kesehatan. Tapi bagaimana kalau minyak baru dipakai satu atau dua kali menggoreng, tapi sudah keruh dan menghitam? Membuangnya tentu membuat pemakaian minyak jadi boros, tapi kalau dipakai, kesehatan kita yang jadi taruhannya? Tips dan Cara Menghilangkan Kerak Membandel Pada Panci dan Wajan
agar minyak goreng jernih dan tidak cepat kotor/gegar.fm
Tidak perlu pusing, karena kita akan membagikan tips dan trik agar minyak goreng tidak mudah keruh atau menghitam. Apa sajakah itu? Simak saja yuk informasinya berikut ini : Banyak Saus Campur Zat Kimia Berbahaya? Ini Tips Cara Membuat Saus Tomat Sendiri Di Rumah

•    Beli minyak goreng berkualitas

Agar minyak tidka mudah keruh, pastikan beli minyak goreng yang berkualitas baik, bukan minyak goreng curah atau hasil daur ulang karena lebih cepat keruh/menghitam saat digunakan.

•    Memilah-milah bahan yang akan digoreng dulu

Ada beberapa bahan yang ketika digoreng dapat sebabkan minyak mudah keruh, misalnya : ikan, makanan manis, makanan berbumbu, dan lainnya. Maka itu, goreng bahan yang membuat minyak kotor/keruh pada saat terakhir.

•    Menggoreng dengan api sedang/kecil

Saat menggoreng, hindari menggunakan api terlalu besar karena dapat membuat minyak cepat keruh dan hitam. Gunakan api kecil atau sedang saja agar gorengan matang sempurna dan minyak awet bersih.

•    Bersihkan minyak setelah menggoreng

Setelah selesai menggoreng, selalu bersihkan minyak dari remah-remah dan kotoran. Caranya dengan menyaring minyak atau menggunakan penjernih alami, seperti : menggoreng nasi yang dikepal/kentang, dan lainnya.

•    Simpan minyak dengan benar

Menyimpan minyak dengan benar dapat membuat kualitas minyak tetap terjaga. Jangan simpan minyak di tempat panas dan terbuka, tapi simpan di tempat tertutupdan bersuhu ruang/dingin.
Dengan menerapkan beberapa tips diatas, masalah minyak keruh dan menghitam akan teratasi dnegan mudah. Selain membantu menghemat pemakaian minyak, kesehatan keluarga juga terjaga karena terhindar dari menggunakan minyak goreng keruh dan hitam. Selamat mencobaa!
Loading...