Jumat, 06 Oktober 2017

Tips dan Cara Menggoreng Ikan Agar Dagingnya Lembut dan Gurih

DapurLagi - Pernah masak ikan goreng, tapi hasilnya kok tidak sesuai harapan, misalnya : ikan terlalu kering, tidak gurih atau bahkan terasa pahit. Ikan goreng sangat nikmat dijadikan lauk makan nasi, karena mengandung nutrisi tinggi dan rasanya juga sangat gurih. Namun menggoreng ikan bisa dibilang gampang-gampang susah, dibutuhkan trik tertentu agar hasilnya sesuai harapan. Jika  Anda ingin mendapatkan daging ikan goreng yang lembut dan terasa lebih gurih, maka lakukan beberapa tips tertentu saat mengolah ikan. Ingin tahu apa rahasia agar ikan goreng lebih lembut dan gurih, simak informasinya berikut ini : 6 Tips Agar Minyak Goreng Tak Mudah Keruh dan Menghitam
ikan goreng/dok.pribadi

•    Pilih jenis ikan yang enak digoreng

Ada beberapa jenis ikan yang kurang enak ketika digoreng, maka itu pilih jenis ikan yang lezat untuk digoreng, misalnya : ikan mas, ikan nila, ikan lele, ikan mujaer, ikan bawal, dan lainnya. Banyak Saus Campur Zat Kimia Berbahaya? Ini Tips Cara Membuat Saus Tomat Sendiri Di Rumah

•    Pilih ukuran ikan

Memilih ukuran ikan juga wajib dilakukan, karena kalau terlalu kering maka hasilnya akan lebih kering/keras, sebaliknya jika terlalu besar akan membuat ikan sulit matang smepurna. Pilih ikan dengan ukuran sedang agar matangnya pas dan proses memasaknya juga tidka terlalu lama.

•    Bersihkan isi perut dan insang

Agar daging ikan lebih gurih, tidak pahit, dan tidak bau amis, bersihkan isi perut serta insang ikan sebelum dibumbui.

•    Rendam dalam bumbu pencelu

Sebelum digoreng, ikan harus direndam kedalam bumbu celupan agar rasa gurihnya merasuk hingga kedalam dagingnya. Rendam selama 30 menit dalam bumbu celupan sebelum di goreng.

•    Goreng ikan dalam minyak banyak

Agar daging ikan bisa matang sempurna, goreng ikan dalam minyak banyak tapi tidak perlu sampai merendam seluruh tubuh ikan.

•    Masukkan ikan saat minyak panas

Panaskan minyak lebih dulu sebelum memasukkan ikan goreng. Cara ini akan membuat ikan tidak lengket kedalam penggorengan.

•    Waktu menggoreng yang tepat

Untuk mendapatkan daging ikan yang lembut tapi matang, goreng ikan dalam waktu sebentar saja dan api sedang hingga berwarna kuning keemasan. Terlalu lama menggoreng ikan akan membuat tekstur daging jadi alot/keras.

•    Jangan terlalu sering membalik ikan

Agar bentuk ikan utuh, tidak berminyak, dan tidak hancur, jangan terlalu sering membalik ikan saat digoreng. Cukup sekali saja membalik ikan untuk mematangnya sisi lainnya.
Ternyata untuk mendapatkan ikan goreng yang dagingnya lembut serta lebih gurih tidaklah sulit, hanya perlu menerapkan beberapa trik diatas  saat mengolah ikan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi kita semua. Selamat memasak!