Senin, 23 Oktober 2017

Tips dan Cara Mengungkep Ayam Agar Empuk dan Lebih Gurih

DapurLagi - Siapa sich yang tidak tergoda untuk menikmati olahan ayam yang empuk dan bumbunya meresap hingga kedalam tulangnya. Ternyata untuk mendapatkan citarasa ayam yang lezat tersebut, ada satu langkah yang tidak boleh dilewatkan, yakni : mengungkep ayam.  Tindakan merebus ayam bersama bumbu tertentu hingga ayam empuk dan meresap inilah yang dinamakan proses mengungkep ayam. Meski bisa dibilang mudah, namun beberapa tips yang harus diperhatikan saat mengungkep ayam agar hasilnya bisa sesuai harapan. Ayam Bakar Solo yang Lezatnya Juara, Ini Resep dan Cara Membuatnya 
ayam ungkep/Foody.id

Mungkin tidak semua dari Anda tahu, bagaimana cara mengungkep ayam agar hasilnya sempurna, yakni : ayam empuk, lembut dan bumbu meresap. Agar tidak salah langkah, simak tips dan cara mengungkep ayam berikut ini :  Lezatnya Sate Jamur Tiram Ini Bikin Nagih, Simak Resep dan Cara Buatnya!

Potong ayam dengan ukuran sama

Sebelum mengungkep ayam, pastikan ayam sudah dipotong dengan ukuran yang sama. Cara ini membuat daging ayam bisa matang sempurna, tidak berdarah dan tidakpula terlalu matang.

Gunakan bumbu rempah pilihan

Meski ada beberapa jenis bumbu ungkep, namun sebisa mungkin jangan pernah melupakan bumbu dasar untuk ungkep ayam, diantaranya : kunyit, bawang putih, ketumbar, jahe, daun jeruk, dan lainnya. Bumbu rempah tersebut memberikan citarasa tersendiri untuk olahan ayam yang nikmat.

Mengganti air dengan air kelapa

Penambahan air kelapa membuat ayam lebih cepat empuk dan rasanya jauh lebih nikmat. Tambahkan air kelapa bersama bumbu rempah yang dihaluskan untuk merebus ayam hingga empuk dan bumbu meresap.

Tambahkan air secukupnya saja

Penambahan air untuk mengungkep ayam sebaiknya tidak terlalu banyak, karena saat direbus, daging ayam juga akan mengeluarkan cairan. Jadi secukupnya saja agar prosesnya juga tidak terlalu lama.

Ungkep ayam menggunakan wajan atau panci presto

Untuk ayam broiler atau ayam kampong yang masih muda, Anda bisa memanfaatkan wajan untuk mengungkep ayam. Namun untuk ayam kampong yang besar dan agak tua biasanya memiliki daging yang a lot/keras sehingga untuk menyingkat waktu, kita bisa memanfaatkan panci presto untuk mengungkep ayam.

Gunakan api kecil saat memasak

Agar daging ayam matang sempurna, bumbu meresap, dan juicy, baiknya ungkep ayam dengan api kecil dan waktu lama. Penggunaan api besar hanya akan membuat ayam mentah bagian dalamnya dan kematangan bagian luarnya.

Jangan lupa menutup panci

Saat mengungkep ayam, usahakan untuk menutup rapat-rapat wajannya ya agar sari-sari dari bumbu ungkep tidak menguap begitu saja. Menutup wajan akan membuat rasa dan aroma ayam buatan Anda jadi lebih gurih dan lezat.

 Ungkep ayam hingga air rebusan menyusut

Proses mengukep ayam akan memberikan hasil yang sempurna ketika dilakukan hingga air rebusan menyusut . Cara ini membuat ayam lebih empuk dan bumbu lebih meresap hingga ke tulangnya.
Dengan beberapa tips mengungkep ayam diatas, pastinya Anda tidk akan kesulitan lagi untuk mengolah ayam yang enak untuk keluarga tercinta. Selamat memasak!
Loading...