Kamis, 22 Maret 2018

Marak Telur Palsu, Kenali Cara Memilih Telur yang Berkualitas

DapurLagi - Belakangan ini beredar isu tentang telur palsu yang terbuat dari bahan kimia tertentu. Mau tidak mau, isu yang viral di dunia maya tersebut membuat para ibu resah dan gelisah. Bagaimana tidak, telur merupakan lauk sumber protein yang harganya lumayan ramah dan pastinya mudah diolah menjadi aneka hidangan lezat menggugah selera. Meski hanya isu dan tak terbukti kebenarannya, namun tetap saja menyisakan rasa kekhawatiran, terlebih pada mereka yang tidak memiliki pengetahuan cukup tentang telur yang baik. Resep dan Cara Membuat Gado-Gado Khas Surabaya yang Gurih dan Enak
cara memilih telur ayam
Nah, agar tidak mudah termakan isu telur palsu, sebaiknya Anda mengenal beberapa bagaimana cirri-ciri telur yang baik dan berkualitas. Cara ini penting dipelajari agar Anda tidak terjebak membeli telur yang berkualitas buruk. Apa sajakah tips dan cara memilih telur yang baik? Simak informasinya berikut ini : Bola-Bola Kentang isi Keju yang Gurihnya Bikin Nagih, Ini Resep dan Cara Membuatnya

1.    Pilih cangkang telur yang padat dan tebal

Telur yang bagus tentu yang cangkangnya kuat dan padat. Selain melindungi isi telur dengan sempurna, cangkang kuat juga tidak mudah pecah atau retak yang membuatnya mudah terkontaminasi bakteri/mikroba lain yang merugikan.

2.    Besar dan kecil bukanlah masalah

Untuk ukuran telur, Anda bebas memilih mau yang ukuran besar, sedang atau kecil. Jangan takut, karena beberapa factor tertentu sehingga menyebabkan ukuran telur menjadi tidak sama.

3.    Warna cangkang telur

Untuk cangkang telur sendiri juga tidak ada patokan tertentu, karena memang cangkang telur memiliki warna yang beragam, dari cokelat kemerahan, cokelat gelap hingg aputih. Untuk kandungan nutrisi dan rasa tetap sama saja, jadi tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

4.    Tidak kocak

Telur berkualitas tidak akan berbunyi/kocak saat digoyang, beda dengan telur busuk/tidak bagus yang kadang kocak atau berbunyi ketika digoyangkan.

5.    Kenali perbedaan telur baru dan lama

Ketika telur dipecah, Anda akan bisa membedakan apakah telur itu masih baru atau lama, yakni : yang baru masih terdapat batas putih telur yang tebal sedangkan telur lama tidak jelas, pada telur baru tidak terdapat bercak darah/benda asing pada putih telur, sedangkan telur stock lama aka nada, bentuk kuning telur baru terlihat bulat dan berada di tengah, sementara yang lama berada dipinggir dan mudah hancur.
Sudah tahu khan bagaimana cara memilih telur yang berkualitas? Jangan takut mengonsumsi telur hanya karena isu tak bertanggung jawab tersebut. Semog ainformasi yang berjudul Marak Telur Palsu, Kenali Cara Memilih Telur yang Berkualitas diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.


Loading...