Sabtu, 03 Maret 2018

Tips Cara Masak Ikan Wader Agar Enak, Gurih dan Tidak Pahit

DapurLagi - Pernah menikmati lezatnya ikan wader? Ikan wader termasuk ikan air tawar yang ukurannya kecil, meski begitu ikan wader memiliki rasa yang luar biasa enak. Ikan wader bisa diolah menjadi lauk atau cemilan lezat, seperti bandeng crispy, penyetan bandeng, pepes bandeng dan lainnya. Memasak ikan wader bisa terbilang gampang-gampang susah, ada beberapa trik yang harus diperhatikan agar rasanya bisa gurih dan tidak pahit. Mungkin tidak semua orang tahu, apa yang menyebabkan ikan wader pahit dan tidak gurih. Ternyata rasa pahit disebabkan karena kotoran yang tidak dibuang dan wader tidak gurih karena cara pengolahan yang salah. Tujuh Tips dan Cara Memasak Ayam Kampung Agar Cepat Empuk dan Lunak 
 Nah, agar tidak gagal memasak ikan wader yang enak, sebaiknya simak tips dan cara memasak ikan wader agar enak, gurih dan tidak pahit, berikut ini :Resep Oseng Daun Singkong Teri yang Enaknya Menggoda

•    Bersihkan kotoran

Sebelum dimasak, pencet bagian perut ikan dan keluarkan kotorannya. Setelah dipencet kotorannya, Anda bisa mencuci ikan hingga bersih.

•    Keruk sisiknya

Jika ikan wader ukuran besar, maka Anda bisa membuang sisiknya agar tidak amis. Kerok menggunakan pisau hingga bersih. Baru kemudian cuci hingga bersih.

•    Bumbui ikan wader

Setelah dicuci hingga bersih, kita bisa merendam ikan wader dalam bumbu, seperti : bawang putih, ketumbar, kunyit dan garam. Proses perendaman ini akan membuat daging wader jadi gurih dan tidak amis.

•    Gulingkan dalam tepung jika ingin hasilnya krispi

Jika ingin ikan wader bertekstur krispi, Anda bisa menggulingkan ikan dalam tepung kering. Aduk-aduk hingga merata baru kemudian goreng hingga kering kecokelatan.

•    Goreng hingga kering dan matang

Menggoreng ikan wader dengan minyak goreng panas agar matang dan kering kecokelatan. Setelah diangkat dari penggorengan, tiriskan dalam kertas minyak agar ikan tidak berminyak.
Resep dan cara Membuat Ikan Wader krispy gurih

Bahan dan Bumbu

•    Ikan wader 500 gr
•    Bawang putih 6 butir, ulek
•    Kunyit 2 cm, ulek
•    Ketumbar ½ sdt, ulek
•    Garam ¼ sdt

Tambahan

•    Tepung terigu 100 gr
•    Tepung kanji 100 gr
•    Tepung beras 250 gr

Langkah Membuat Ikan Wader Crispy Lezat

1.    Sayat menyamping bagian tubuh ikan wader lalu keluarkan jeroannya sambil dibilas dengan air. Jika tidak bagian ini tidak dibuang kemungkinan hasil ikan yang dimasak nanti akan terasa pahit. Jangan lupa bagian kulitnya juga dikerik dengan pisau untuk melepaskan sisik-sisik yang menempel pada kulit ikan. Bilas sampai bersih dengan air mengalir.
2.    Siapkan tepung terigu, tepung kanji dan tepung beras lalu campur menjadi satu dan pisah ke dalam dua wadah. Campuran tepung pada wadah pertama dicampurkan kembali dengan bumbu halus dari bawang putih, kunyit, ketumbar dan garam serta secukupnya air. Sedangkan campuran tepung pada wadah kedua dibiarkan tanpa tambahan bahan lain.
3.    Rendam ikan wader yang sudah dibersihkan ke dalam campuran tepung dan bumbu yang telah dilarutkan dalam air hingga 20 menit lamanya. Kemudian masukkan ke dalam campuran tepung kering. Guling-guling agar tepungnya melapisi ikan.
4.    Selanjutnya, goreng ikan wader yang sudah tercampur dengan bumbu dan tepung ke dalam genangan minyak panas. Biarkan matang dan teksturnya garing renyah. Angkat dan tiriskan.
5.    Ikan wader crispy siap disantap.
Ternyata untuk memasak ikan wader enak dan gurih tidaklah sulit. Semoga informasi yang berjudul Tips Cara Masak Ikan Wader Agar Enak, Gurih dan Tidak Pahit diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.