Selasa, 20 Desember 2016

Rahasia dan Cara Membuat Urap Sayuran yang Enak dan Kres

Urap sayuran termasuk menu olahan sayur yang sangat sederhana, namun rasanya sangat istimewa. Urap sayuran bisa dikatakan sebagai olahan yang sehat, karena dibuat dari bahan utama sayuran yang direbus/dikukus, kemudian dicampurkan kelapa yang sudah dibumbui aneka rempah sehat. Urap-urap paling nikmat disantap bersama aneka lauk favorit, misalnya : ikan asin, ayam panggang, dan lainnya. Meski sederhana, namun tidak semua orang bisa membuat urap-urap sayur yang lezat.

Nah, agar Anda tidak kesulitan membuat urap-urap sayur yang nikmat, sebaiknya simak rahasia dan cara membuat urap sayur yang enak dan kres, berikut ini :

•    Pilih sayuran yang segar dan lengkap

Langkah pertama adalah pilih beberapa jenis sayuran yang segar dan berkualitas. Agar warna urap lebih menggoda, pilihlah sayuran dengan warna yang beragam, misalnya : kenikir, kol, wortel, kecambah, kacang panjang, dan lainnya.

•    Siapkan bumbu rempah

Bumbu yang digunakan untuk urap sayur sangatlah sederhana, diantaranya : bawang merah, bawang putih, kencur, cabai merah, terasi, kemiri sangrai, garam, gula pasir, penyedap rasa (jika suka), dan jika suka pedas bisa ditambahkan cabai rawit.

•    Siapkan kelapa muda yang diparut memanjang/serbat

Kelapa muda yang dibutuhkan untuk urap-urap adalah kelapa muda yang diparut memanjang. Kelapa muda akan membuat rasa urap-urap lebih lembut dibandingkan kelapa yang sudah tua.

•    Sangrai atau kukus bumbu urap

Agar urap lebih tahan lama dan tidak mudah basi, Anda bisa mengukus/sangrai bumbu kelapanya lebih dulu sebelum dicampurkan ke dalam sayuran. Jika Anda ingin urap segar, bumbu dan kelapa tidak perlu dikukus/sangrai (tapi urap seperti ini tidak bisa tahan lama, dan mudah basi).

•    Rebus atau kukus sayuran

Agar sayuran memiliki tekstur yang kres dan nutrisinya tidak hilang, pastikan rebus/kukus sayur jangan terlalu lama.
Mudah banget khan cara membuat urap-urap sayuran. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk Anda semua.