Sabtu, 16 Januari 2016

Rahasia Mengolah Jamur yang Nikmat dan Bergizi

Dapur Lagi - Pernahkah Anda menikmati kudapan berbahan dasar jamur? Jamur termasuk bahan makanan yang memiliki rasa yang lezat dan bernutrisi tinggi. Selain itu, jamur juga bisa menjadi penyedap alami sehingga Anda tidak perlu menambahkan MSG. Mengolah jamur bisa dibilang sangat mudah, namun sayangnya tak banyak oraang memahaminya sehingga hasilnya juga kurang maksimal, misalnya : jamur berbau menyengat, warnanya kurang menarik dan lain sebagainya. Tahukah Anda jika ada banyak hal yang harus diperhatikan agar hasil olahan jamur jadi lebih nikmat sempurna.
Ingin tahu bagaimana cara mengolah jamur  yang baik? Simak Rahasia Mengolah Jamur yang Nikmat dan Bergizi berikut ini :

1. Pilih jamur yang masih segar

Agar olahan jamur Anda memiliki citarasa yang nikmat pastikan Anda memilih jamur yang masih segar. Ciri-cirinya, antara lain : tidak berlendir, bentuknya masih mekar sempurna,  warnanya juga masih cerah, dan lainnya.

2. Jangan Cuci jamur

Jamur  merupakan bahan makanan  yang mudah  rapuh dan lembab, karena itu Anda jangan mencuci atau merendam jamur.  Merendam jamur hanya akan membuatnya  menyerap air dan membbuat jamur berubah warna.  Selain itu, mencuci jamur akan membuat teksturnya menjadi lembek. 

3. Cara bersihkan jamur

Apabila jamur terlihat kotor, Anda bisa menggunakan lap kering atau tissue untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada jamur. Anda juga bisa memanfaatkan sikat untuk membersihkan kotoran.

4. Hilangkan bau kayu pada jamur

Kadangkala, jamur memiliki aroma mirip kayu yang menyengat. Hal ini tentu  dapat mengurangi nafsu makan, bukan? Untuk menghilangkan aroma tidak enak tersebut, Anda bisa mengukus jamur sebentar, baru setelah itu bisa diolah sesuai selera.

5. Membuat jamur crispy

Jamur bisa diolah menjadi cemilan  yang gurih dan crispy. Caranya mudah sekali, cukup rendam sebentar jamur kedalam bumbu celup. Kemudian gulingkan kedalam campuran tepung terigu dan tepung beras. Setelah terbalut tepung, Anda bisa menggorengnya kedalam minyak panas hingga kering dan renyah. 
Hem, ternyata mengolah jamur menjadi aneka hidangan yang lezat dan menggugah selera tidaklah sesulit yang dibayangkan. Semoga informasi yang berjudul Rahasia Mengolah Jamur yang Nikmat dan Bergizi diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca Artikel Keren Lainnya

AWAS, ADA RACUN DALAM 7 BAGIAN AYAM INI
Resep Sambal Cabe Hijau Padang yang Nikmat dan Mudah
RESEP DAN CARA MEMBUAT CUMI GORENG TELUR ASIN
RESEP DAN CARA MEMBUAT SAYUR LODEH KORO YANG NIKMAT