Minggu, 14 Agustus 2016

Resep dan Cara Membuat Sambal Korek Pedas ala Haji Slamet

Siapa sich yang tidak tergoda dengan pedas dan lezatnya sambal korek? Apalagi sambal korek di warung Bebek H. Slamet yang terkenal akan kelezatannya. Sambal korek bisa dinikmati dengan aneka lauk favorit, seperti : bebek, ayam, tempe tahu, udang atau lauk yang lainnya. Sambal korek dibuatdari bahan-bahan yang sangat sederhana, bahkan cara membuatnya juga sangat singkat.  Meski mudah, namun dibutuhkan trik-trik tertentu agar hasilnya makin mantab. 
Ingin tahu bagaimana cara membuat sambal korek ala H. Slamet yang nampol? Mending simak resep dan cara membuat Sambal Korek Pedas ala Haji Slamet, berikut ini :

•    Pilih cabe yang gendut

Agar sambal korek buatan Anda menjadi enak, pastikan pilih cabai yang gendut dan segar. Hindari memilih cabe yang mentah, karena akan membuat rasa sambal menjadi langu.

•    Tambahkan bawang putih

Bawang putih bermanfaat memberi rasa gurih dan aroma lezat dari sambal korek buatan Anda. Tambahkan secukupnya ya, jangan berlebihan karena membuat rasa sambal menjadi getir.

•    Siram minyak panas

Setelah semua bahan diuleg hingga halus, pastikan siram dengan minyak panas sisa menggoreng bebek/ayam atau yang lainnya. Minyak memberi rasa gurih dan lezat pada sambal korek Anda.

•    Jangan lupa tambahkan garam

Agar sambal buatan Anda jadi lezat, jangan lupa menambahkan garam dan gula secukupnya.

Resep sambal korek ala Haji Slamet

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

15 buah cabe rawit merah
2 siung bawang putih
Garam dan gulapasir secukupnya
Minyak panas secukupnya

Cara membuat sambal korek :

1.    Campurkan semua bahan dalam cobek
2.    Ulek semua bahan hingga halus atau agak kasar
3.    Jangan lupa tambahkan garamdan gula  pasir
4.    Siram sambal dengan minyak panas sisa gorengan bebek/ayam atau yang lainnya
5.    Aduk-aduk sambal hingga merata
6.    Sambal korek siap dihidangkan bersama ikan dan nasi hangat
Ternyata mudah dan cepat cara membuat sambal korek ala haji slamet. Semoga resep diatas dapat menginspirasi Anda untuk membuat sambal yang nikmat untuk keluarga tercinta.