Minggu, 15 Januari 2017

6 Hal Penting yang Wajib diPerhatikan Saat Menggoreng ikan

Ikan goreng termasuk olahan ikan yang banyak dipilih karena mudah, praktis dan enak. Seperti yang kita tahu, menggoreng ikan tidak membutuhkan banyak bumbu atau bahan-bahan tambahan lain, cukup dicelupkan dalam campuran bawang putih, kunyit, ketumbar dan garam saja sudah enak. Meski terlihat mudah, namun bukan berarti kita bisa meremehkannya, karena ada beberapa trik yang harus diperhatikan saat menggoreng ikan. Jika Anda melewatkan beberapa hal ini, maka akan berpengaruh pada cita rasa dan penampilan ikan yang kurang menggoda. Nah, agar citarasa dan penampilan ikan goreng buatan Anda tetap terjaga, pastikan perhatikan beberapa hal penting, diantaranya :

1.    Pilih ikan yang segar

Rahasia ikan goreng enak dan gurih terletak pada kesegaran ikan. Oleh karena itu, pastikan membeli ikan segar dan langsung mengolahnya. Kalaupun ingin memasaknya esok hari, pastikan menyimpan ikan dnegan cara yang benar.

2.    Bersihkan ikan dengan benar

Sebelum menggoreng ikan, pastikan membersihkan ikan dengan benar, terutama jerohan, sisik dan insang. Bagian empedu akan membuat ikan goreng terasa pahir jika tidak dibuang, sementara insang dan sisik dapat menyebabkan bau amis.

3.    Agar ikan tidak lengket di wajan

Ikan lengket saat digoreng tentu akan membuat penampilannya kurang menggoda. Untuk mengatasinya, Anda bisa menambahkan tepung satu sendok dalam minyak sebelum memasukkan ikan. Selain itu, Anda bisa juga menggunakan wajan anti lengket/Teflon dan jangan balik ikan sebelum kering benar.

4.    Agar ikan tidak muncrat

Agar ikan tidak muncrat saat digoreng, Anda bisa memasukkan minyak saat wajan sudah panas dan memasukkan ikan ketika minyak sudah panas. Cara lainnya yakni dengan menambahkan satu sendok tepung terigu atau bisa juga dengan menutup wajan saat menggoreng.

5.    Gunakan api sedang agar matang merata

Agar ikan goreng matang sempurna, pastikan hindari menggunakan api besar karena membuat ikan garing diluar dan basah didalam. Sebaiknya gunakan api sedang dan masak hingga benar-benar matang.

6.    Agar ikan tidak kehitaman

Warna ikan goreng kuning keemasan dan kering tentu jauh lebih menggoda dibandingkan kehitaman. Untuk itu, gunakan hanya bumbu celupan, seperti : kunyit, bawang putih, dan ketumbar. Hindari menambahkan gula atau kecap karena akan membuat ikan lengket dan warnanya kehitaman.
Semoga 6  Hal Penting yang Wajib diPerhatikan Saat Menggoreng ikan diatas dapat membantu mengatasi masalah Anda. Selamat memasak!