Rabu, 25 Mei 2016

Cara Masak Jengkol agar Tidak Bau dan Empuk

DapurLagi - Jengkol, mau diolah menjadi hidangan apa saja akan terasa menggoda bagi penggemarnya. Umumnya, para penyuka olahan jengkol tak lagi peduli meski jengkol memiliki bau khas yang mengganggu. Buat mereka, jengkol memiliki keistimewaan tersendiri yang tidak bisa tergantikan dengan hidangan lainnya. Sebenarnya Anda tidak perlu khawatir dengan bau jengkol, karena dengan trik tertentu saat memasak, bau menyengat pada jengkol bisa dihilangkan lho. Jengkol yang sudah dihilangkan baunya bisa diolah menajdi aneka hidangan lezat dan menggugah selera, antara lain : redang jengkol, semur jengkol, balado jengkol, dan lainnya. 
Masak Jengkol agar Tidak Bau dan Empuk


Jadi jika Anda pernah memasak jengkol, namun hasilnya tidak seperti yang diharapkan, ada baiknya Anda simak trik dan cara masak jengkol agar empuk dan tidak bau berikut ini :

Gunakan arang dan kapur sirih

Untuk menghilangkan bau menyengat pada jengkol, Anda bsia menambahkan arang dan air kapur sirih pada air rebusan jengkol. Rebus hingga empuk, kemudian pukul-pukul hingga pipih dan rendam semalam. Baru dech jengkol bisa diolah sesuai selera.

Direbus bersama irisan daun jeruk

Daun jeruk juga ampuh membantu menetralisir bau menyengat pada jengkol. Caranya, iris daun jeruk purut, kemudian campurkan pada air rebusan jengkol. Masak hingga empuk, kemudian cuci bersih dan pipihkan. And abisa merendamnya semalam atau langsung dimasak juga tidak apa-apa.

Direndam dengan air es atau air kapur sirih

Sebelum diolah, Anda bisa merendam jengkol kedalam air es atau air kapur sirih selama semalaman. Cara ini bermanfaat menetralisir bau menyengat Setelah direndam semalaman, Anda bsia mencuci bersih dan merebusnya hingga empuk. Kemudian pipihkan dan masak dnegan bumbu pilihan.

Rebus dengan abu dapur

Ada pendapat lain yang menyebutkan jika menambahkan abu dapur dapat meminimalisir bau menyengat pada jengkol. Caranya tambahkan abu dapur pada air rebusan dan masak hingga empuk. Setelah itu cuci bersih dan pipihkan. Rendam selama semalam, baru keesokan harinya bisa diolah.

Direbus bersama daun jambu biji dan teh

Daun jambu biji dan teh juga bisa dijadikan campuran dalam air rebusan jengkol. Cara ini ampuh menghilangkan bau menyengat pada jengkol.

Dengan cara pengolahan yang tepat, jengkol yang bau bisa menjadi aneka hidangan yang super enak. Semoga informasi yang berjudl Cara Masak Jengkol agar Empuk dan Tidak Bau diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.




Loading...