Kamis, 18 Agustus 2016

Kenali Ciri-ciri Daging Sapi Berkualitas baik dan Sehat

Daging sapi termasuk satu lauk yang banyak difavoritkan, karena rasanya yang lezat, kaya gizi, dan daging bisa mendatangkan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh asalkan diolah dengan cara yang benar. Meski harga daging lumayan tinggi, namun jumlah permintaan tetap tinggi. Kondisi tersebut banyak dimanfaatkan oleh segelintir oknum pedagang daging yang demi mendapatkan keuntungan lebih, mereka tega melakukan kecurangan, misalnya : menggelonggong daging, menjual daging sisa kemarin, dan lainnya. Kondisi tersebut membuat daging yang awalnya sehat justru berbahaya bagi kesehatan.
Lalu bagaimanakah cara menghindari pedagang daging yang curang? Tentu saja kita harus cerdas dalam membedakan mana daging sapi yang sehat dan segar dan mana yang tidak fresh. Nah, agar lebih jelasnya, disini kita akan membagikan  informasi yang berjudul Ciri-ciri Daging Sapi Berkualitas baik dan Sehat, diantaranya :

Pilih daging yang dipotong dengan cara benar

Sebisa mungkin, pilih pedagang daging sapi yang Anda kenal baik sehingga Anda bisa dengan mudah menanyakan asal mula daging sapi, seperti : cara memotong yang benar, daging berasal dari sapi yang sehat, dan lain-lain. Agar lebih mudah, pilihlah daging yang sudah ada label atau cap rumah potong hewan (RPH)

Memiliki bau khas

Daging segar memiliki aroma atau bau khas daging. Jadi pastikan hindari memilih daging yang bau busuk, amis, atau aroma aneh.

Daging berwarna merah segar

Daging sehat dan berkualitas memiliki warna alamiah, yakni merah segar. Jadi hindari memilih daging yang kehitaman, kebiruan, pucat atau kecoklatan.

Jika warna daging merah muda, maka…

Tidak udah ragu ketika melihat daging sapi berwarna merah muda, karena memang daging sapi muda memiliki warna merah muda.

Memiliki tekstur yang kenyal dan padat

Daging segar dan berkualitas memiliki tekstur yang kenyal dan padat. Jadi, pastikan tidak memilih daging sapi yang lembek, berair, atau terlalu keras.

Daging sedikit berlemak dan memiliki serat-serat halus

Daging sapi yang bagus memiliki serat-serat alami yang halus dan sedikit berlemak sehingga sangat mudah dibedakan dengan daging lainnya.

Memiliki lemak yang berwarna kekuningan

Daging sapi segar memiliki lemak yang berwarna kekuningan dan terlihat mengkilat. Karena itu, hindari membeli daging dengan lemak yang kecoklatan atau terlihat kering, atau pucat, karena bisa jadi sisa kemarin.
Setelah mengetahui cirri-ciri daging yang segar dan berkualitas diatas, tentunya kita akan lebih waspada lagi ketika memutuskan membeli daging. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Tag : cara memilih daging sapi yang baik ciri-ciri daging segar ciri ciri daging sapi yang baik ciri daging busuk kualitas daging yang baik ciri ciri daging kambing yang baik cara menyimpan daging warna daging sapi segar