Jumat, 29 September 2017

Tips Mudah Membuat Rempeyek yang Gurih dan Renyah

DapurLagi - Bagi orang Indonesia, makan terasa tidak lengkap kalau tidak ada “ kriuk-kriuk” alias kerupuk. Selain kerupuk, rempeyek juga bisa menjadi alternative cemilan pelengkap saat makan, karena memang rasanya sangat renyah sama halnya dengan kerupuk. Rempeyek dibuat dari perpaduan tepung dan berbagai isian, dari mulai kacang tanah, teri, udang, kacang hijau, dan lainnya. Membuat rempeyek yang gurih dan renyah sendiri tidaklah mudah, karena salah langkah akan membuat rempeyek jadi keras, alot, dan tidak enak. Alasan itulah yang membuat beberapa orang berusaha menemukan racikan yang pas agar rempeyek bisa renyah dan gurih, misalnya : dengan mencampurkan obat perenyah, mencampurkan baking soda, menambahkan air kapur sirih/air apu, dan lainnya. Sebenarnya, kita tidak perlu menambahkan bahan-bahan tersebut, karena dengan trik tertentu, rempeyek renyah dan gurih bisa kita dapatkan. Tips dan Cara Masak Petai Agar Tidak Bau dan Lebih Gurih
rempeyek renyah/cookpad.com
Nah, agar rempeyek buatan Anda lebih renyah dan gurih, sebaiknya simak beberapa tips dan cara membuatnya berikut ini : Resep dan Cara Membuat Telur Dadar Kornet Gulung yang Menggoda

Komposisi tepung yang pas

Tepung yang digunakan untuk rempeyek adalah tepung beras. Namun agar tekstur rempeyek jadi lebih renyah, Anda bisa menambahkan tepung tapioca/sagu sedikit. Tapi jangan lupa untuk memilih tepung yang berkualitas baik agar tidak bau apek dan jangan lupa mengayak tepung agar lebih halus dan tidak bergerindil.

Bahan tambahan agar rempeyek renyah namun empuk

Agar rempeyek bisa renyah tapi empuk, Anda bisa menambahkan santan kelapa, kemiri, atau telur ayam pada adonan.

Tambahkan bumbu ini agar rempeyek gurih dan sedap

Agar rempeyek buatan Anda lebih gurih dan enak, tambahkan bumbu ketumbar, kunyit, dan daun jeruk purut. Haluskan bumbu tersebut bersama garam, kemudian campurkan pada adonan.

Pilih isi yang bervariasi

Agar lebih emnarik, Anda bisa mencampurkan aneka isi untuk rempeyek, misalnya : kacang tanah dengan teri, udang rebon dan kedelai atau yang lainnya.

Adonan dengan kekentalan yang pas

Setelah mencampurkan tepung dan bumbu, Anda bisa mencairkan adonan dengan kekentalan yang pas, yakni tidak terlalu kental atau encer.

Goreng menggunakan Wajan Anti Lengket

Agar rempeyek tidak lengket dan bentuknya lebih menarik, goring menggunakan wajan Teflon atau anti lengket. Goreng dengan cara menyiramkan adonan pada pinggir wajan. Siram-siram dengan minyak agak matangdan kering.

Simpan dalam wadah tertutup

Setelah rempeyek digoreng hingga kering dan matang, tiriskan lebih dulu agar minyaknya hilang. Baru kemudian simpan ke dalam toples tertutup agar kerenyahannya lebih terjaga dan tidak mudah melempem.
Dengan menerapkan beberapa tips diatas, pastinya Anda akan mendapatkan rempeyek yang gurih dan renyahnya tahan lama. Selamat mencoba!

Loading...