Sabtu, 30 September 2017

Tips dan Cara Masak Daun Singkong Agar Empuk, Tidak Pahit dan Warnanya Hijau

DapurLagi - Bagi Anda pecinta masakan Padang, pastilah Anda tidak asing lagi dengan daun singkong dan sambal Ijo, bukan? Meski sederhana, namun daun singkong rebus yang ada pada warung Nasi Padang memiliki daya tarik tersendiri, karena warnanya yang hijau dan teksturnya empuk serta tidak pahit. Mungkin tak banyak yang tahu, bagaimana cara masak daun singkong yang warnanya hijau, teksturnya empuk dan rasa yang tidak pahit. Karena pada kenyataannya banyak yang mengeluh kalau hasil rebusan daun singkongnya kurang menarik, dari mulai berwarna kecokelatan, tidak empuk dan rasanya pahit. Tips Mudah Membuat Rempeyek yang Gurih dan Renyah
Kondisi ini tentu sangat mengecewakan, karena hampir tidak ada yang menyukai olahan daun singkong tersebut. Agar hal tersebut tidak menimpa Anda, sebaiknya simak tips dan cara masak daun singkong yang empuk, tidka pahit dan berwarna hijau menarik, berikut ini : Tips dan Cara Masak Petai Agar Tidak Bau dan Lebih Gurih

•    Pilih Daun Singkong yang masih Muda

Agar hasil olahan bisa empuk, pastikan pilih daun singkong yang muda atau bagian daun yang terdekat dengan tangkai bagian atas. Daun singkong yang masih muda memiliki tekstur empuk, rasa yang lebih lezat dan tidak pahit.

•    Masukkan daun singkong saat air mendidih

Agar warna daun singkong hijau menarik, pastikan rebus air hingga mendidih dulu baru masukkan daun singkong. Jangan sampai memasukkan daun singkong saat air masih belum mendidih, karena warna daun singkong jadi kecoklatan dan teksturnya jadi kaku/keras.

•    Tambahkan garam

Setelah air mendidih dan daun singkong sudha dimasukkan, Anda bisa menambahkan sesendok garam. Cara ini membuat warna daun singkong jadi ijo royo dan cepat empuk dan matang sempurna. Selain itu, rasa daun singkong juga lebih gurih dan enak.

•    Aduk daun singkong

Setelah air rebusan mendidih, Anda harus mengaduk daun singkong agar matang dan empuk di kedua sisinya.

•    Tiriskan daun singkong

Setelah direbus hingga empuk, daun singkong harus segera ditiriskan agar warnanya tidak berubah kecokelatan.
Setelah mengetahui cara memasak singkong yang empuk dan tidak pahit diatas, pastinya Anda tidak akan bingung lagi saat memasak daun singkong. Semoga bermanfaat!