Jumat, 09 Februari 2018

Rahasia Mengolah Ikan Asin Agar Enak dan Sehat

DapurLagi - Siapa sich yang tidak tergoda saat mencium aroma ikan asin yang khas? Ikan asin merupakan salah satu jenis lauk dari ikan laut kering yang sudah diawetkan menggunakan garam. Ikan asin banyak sekali jenisnya, ada ikan asin peda, ikan asin klotok, ikan asin jambal roti, ikan asin tengiri, dan lainnya. Ikan asin banyak diidolakan oleh masyarakat karena memang harganya sangat murah dibandingkan ikan segar. Namun sayangnya, karena tinggi garam sehingga kita disarankan agar tidak makan olahan ikan asin secara berlebihan. Tapi Anda juga tidak perlu takut berlebihan, karena dengan trik tertentu, kita bisa menikmati olahan ikan asin yang tak hanya enak, tapi juga sehat. Lupis/Lopis Beras Ketan yang Gurih dan Punel, Ini Resep dan Cara Membuatnya
ikan asin/bukalapak.com
Ingin tahu bagaimana cara memasak ikan asin yang enka dan sehat? Agar lebih jelasnya, simak informasinya berikut ini : Resep dan Cara Membuat Sate Kulit Ayam Bumbu Kecap Enak Gurih

•    Rendam dalam air hangat

Untuk mengurangi rasa asin berlebihan, kita bisa merendam ikan asin kedalam air hangat selama kurang lebih 10 menit sebelum dimasak. Jangan terlalu lama agar tekstur ikan tidak hancur saat dimasak.

•    Merendam ikan asin dalam air garam

Kadar garam dalam ikan asin bisa dibilang memiliki konsentrasi tinggi, sehingga Anda bisa menguranginya dengan cara merendam ikan asin dalam air garam selama 20 menit. Cara ini membuat garam yang emnempel pada ikan menjadi larut dalam air perendamnya. Tiriskan dan cuci kembali hingga bersih.

•    Tidak perlu menambahkan garam lagi

Ketika diolah menjadi masakan, disarankan tidak menambahkan garam lagi agar masakan tidak semakin asin/justru kurang sehat dikonsumsi.

•    Penambahan sayuran

Untuk menetralisir kandungan garam dalam ikan kita bsia menambahkan sayuran dalam jumlah banyak, misalnya : tomat dan sayuran lainnya.

•    Diolah bahan lainnya

Agar lebih enak, Anda bisa mencampurkan bahan-bahan pilihan lainnya saat memasak ikan asin, misalnya : tempe, tahu dan lainnya.
Sangat mudah dan praktis, bukan? Semoga tips mudah diatas dapat menjadi solusi tepat bagi Anda penggemar olahan ikan asin.



Loading...