Minggu, 22 November 2015

Tips Cerdas Menghilangkan Getah Labu Siam

Labu siam biasa disebut gondes atau manisa, merupakan satu jenis sayuran dari keluarga labu-labuan. Labu siam sangat kaya akan nutrisi dan bisa diolah menjadi beragam hidangan lezat dan menggugah selera, diantaranya : sayur bening, tumis, sayur lodeh, lalapan, dan lain sebagainya. Diantara kandungan nutrisi dalam labu siam sendiri, antara lain : protein, kalsium, fosfor, retinol, vitamin A, B, C dan nutrisi penting lainnya. Kandungan nutrisi dalam labu siam sangat bagus untuk menjaga kesehatan. Sayangnya, sebagian wanita merasa enggan  memasak labu siam, karena memasak labu siam membutuhkan perlakuan khusus. Hal itu akibat getahnya yang membandel dan susah dihilangkan.
Tapi apakah hanya karena getah labu siam yang membandel, lantas Anda rela kehilangan beragam manfaat luar biasa dalam labu siam? Tentu saja tidak, karena dengan trik cerdas, getah labu bisa diatasi dengan mudah. Jadi, Anda bisa bebas mengolah labu siam menjadi aneka hidangan lezat bergizi. Hem, kira-kira apa saja tipsnya? Simak Tips Cerdas Menghilangkan Getah  Labu Siam Berikut ini :

Gosokkan kulitnya

Untuk mengurangi kandungan getahnya, Anda bisa membelah pangkal labu, kemudian menggosokkan keduanya hingga getahnya berwarna putih keruh. Setelah itu, Anda bisa mengupas labu siam hingga selesai.

Remas dengan garam

Kupas labu siam seperti biasa, setelah itu, Anda bisa meremasnya dengan garam. Cara tersebut akan membantu menghilngkan getah dan pastinya membuat warna dan tekstur labu lebih menarik.

Rendam dalam air

Agar kandungan getahnya berkurang, setelah kulitnya digosokkan, Anda bisa merendam laabu kedalam air. Cara ini juga bsia membantu menjaga labu agar tidak berubah warna.
Agar hasil olahan labu siam jadi lebih nikmat, cruncy, dan kaya nutrisi, pastikan selain menerapkan trik diatas, Anda juga tidak terlalu lama memasak labu siam. Semoga informasi yang berjudul Tips Cerdas Menghilangkan Getah  Labu Siam diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.