Jumat, 30 September 2016

Tips dan Cara Membuat Pepes Ikan yang Lezat

Pepes termasuk salah satu kuliner Indonesia yang memiliki citarasa lezat dan unik. Pepes merupakan salah satu metode memasak yang sehat, karena prosesnya tidak menggunakan bahan-bahan tidak sehat, seperti : minyak goreng, mentega, maupun bahan berlemak lainnya. Hampir semua bahan bisa diolah menjadi pepes, termasuk salah satunya : ikan. Pepes ikan dibuat dari campuran bahan utama dan berbagai bumbu rempah, lalu dibungkus dengan daun pisang. Setelah itu dikukus hingga matang, lalu dipanggang sebentar diatas bara api. Proses tersebut menghasilkan aroma yang luar biasa dan pastinya rasanya sangat lezat.

Meskipun masakan pepes ikan ini memiliki banyak penggemar, namun sayangnya tak banyak orang mau membuatnya sendiri di rumah. Alasannya beragam, karena ribet, takut amis, tidak tahu bumbunya, dan masih banyak alasan lainnya. Disini kita akan membagikan tips dan cara membuat Tips dan Cara Membuat Pepes Ikan yang Lezat, yakni :

Pilih bahan yang segar

Agar pepes yang Anda buat memiliki rasa yang nikmat, pastikan pilih bahan yang segar dan berkualitas. Tidak hanya ikannya loh, karena bumbu dan bahan lainnya juga harus yang segar agar hasilnya sempurna.

Jangan salah memilih ikan

Tidak semua jenis ikan bisa diolah menjadi pepes, karena itu pastikan pilih ikan yang tepat agar hasilnya sesuai yang diinginkan. Diantara ikan yang sering dimasak pepes, yakni : bandeng, ikan mas, kembung, nila, dan lainnya. Sebisa mungkin, pilih ikan yang tidak terlalu besar, agar lebih mudah diolah menjadi pepes yang lezat.

Bersihkan ikan dengan sempurna sebelum diolah

Sebelum diolah menjadi pepes, pastikan bersihkan sisik dan kotoran serta insang ikan agar hasilnya tidak amis. Setelah itu, cuci dalam air mengalir hingga bersih.

Gunakan bumbu rempah yang lengkap

Bumbu rempah tidak hanya bermanfaat menambah citarasa pepes, tapi juga bisa menghilangkan bau amis ikan. Diantara bumbu rempah yang bisa Anda gunakan, antara lain : kemangi, daun salam, daun jeruk, jahe, daun ruku ruku, dan lainnya. Untuk bumbu utama, Anda bisa menggunakan beberapa bumbu seperti biasanya, yakni : bawang merah, bawang putih, kunyit, kemiri, cabai besar, cabai rawit. Sementara itu, untuk menambah rasa segar pada pepes, Anda bisa menambahkan belimbing wuluh, tomat hijau, dan lainnya.

Jangan lupa bakar pepes di atas pemanggang

Pepes umumnya dikukus hingga matang, namun untuk mendapatkan aroma dan citarasa yang mantab, sebaiknya Anda membakarnya sebentar diatas pemanggang/Teflon. Proses memanggang dilakukan setelah pepes dikukus hingga matang.
Jika Anda kurang suka dengan ikan, Anda bisa menggantinya dengan bahan lainnya sesuai selera, misalnya : jamur, tahu, ayam, daging dan lainnya. Semoga informasi yang berjudul Tips dan Cara Membuat Pepes Ikan yang Lezat diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Tags :  bumbu pepes ikan mas resep pepes ikan laut resep pepes ikan kembung resep pepes ikan tongkol pepes ikan teri bumbu pepes tahu pepes ikan nila pepes ikan patin