Jumat, 29 Januari 2016

Resep dan Cara Membuat Kue Wajik Enak

DapurLagi - Kue Wajik  termasuk satu jajanan tradisional yang saat ini sangat sulit ditemui. Biasanya, Kue wajik disajikan pada moment pesta pernikahan atau hari raya. Meski begitu, saat ini kehadiran kue wajik mulai digantikan kue-kue modern yang lebih praktis. Kue wajik dibuat dari bahan ketan dan santan kelapa sehingga rasanya sangat nikmat, punel dan gurih. Membuat kue wajik tidaklah susah loh, namun generasi muda saat ini lebih suka yang instan sehingga mungkin kurang tertarik untuk membuat kue wajik.
Nah, jika Anda termasuk penggemar kue wajik, simak langsung cara membuat wajik yang enak berikut ini :

Pilih ketan yang berkualitas

Agar wajik buatan Anda bisa nikmat sempurna, pastikan pilih ketan yang berkualitas, misalnya : utuh dan tidak banyak yang patah.

Kukus Ketan 

Setelah dicuci dan direndam sebentar, Anda bisa mengukus ketan. Sesekali, perciki ketan dengan air panas agar kelembapan ketan terjaga dan ketan bisa matang sempurna.

Gunakan pewarna alami

Agar wakna wajik lebih menarik dan aman, pastikan Anda gunakan pewarna alami, misalnya : untuk wajib yang berwarna cokelat, Anda bisa menggunakan gula merah. Namun jika suka warna hijau, Anda bisa menggunakan daun suji. Atau jika ingin warna lain, Anda bisa menggunakan pewarna makanan yang aman.

Gunakan santan kelapa dalam jumlah yang tepat

Agar rasa wajik gurih dannikmat, Anda harus menggunakan santan dalam jumlah yang tepat. Lebih banyak lebih baik, karena akan membuat rasa wajik lebih nikmat.

Potong dalam kondisi dingin

Agar bentuk wajik buatan Anda lebih cantik, potonglah wajik sudah ketika sudah dalam keadaan dingin. Gunakan pisau yang sudah diolesi minyak goreng pada kedua sisinya, baru Anda bisa potong wajik sesuai selera.

Resep Wajik yang enak dan gurih

Bahan-bahan yang dibutuhkan :


  •     500 gram ketan putih, cuci bersih, tiriskan
  •     100 ml air panas
  •     500 ml santan kental dari 1 butir kelapa
  •     250 gr Gula pasir
  •     250 gr gula merah, sisir halus
  •     4 lembar daun pandan
  •     ½ sdt garam

Cara membuat

  1. Setelah dicuci bersih, Anda kukus beras ketan selama 30 menit. Jangan lupa perciki ketan dengan air panas.
  2. Rebus santan, gula pasir dan gula merah hingga tercampur rata. 
  3. Masukkan daun pandan dan garam. Aduk-aduk hingga santan mendidih, matikan.
  4. Masukkan ketan yang sudha dikukus kedalam santan, masak sambil terus diaduk di atas api kecil, hingga santan mengering.
  5. Tuang adonan ketan ke dalam loyang yang sudah dialasi dengan daun pisang. Setelah dingin, Anda bisa memotong-motong.

Baca Artikel Keren Lainnya