Rabu, 30 November 2016

Tips dan Cara Membuat Lemper yang Enak dan Pulen

Suka menikmati kue lemper? Kue lemper termasuk kue yang sangat lezat, karena dibuat dari ketan yang di bagian dalamnya diisi dengan daging, baik ayam maupun daging. Tidak hanya itu, karena isi lemper juga bisa diganti dengan yang lainnya, misalnya : abon, jamur, ikan, dan lainnya.  Ada yang menyebut lemper sebagai sushinya Indonesia, karena memang bentuk dari lemper lonjong-lonjong mirip dengan makanan khas Jepang tersebut. Namun dibandingkan Sushi, membuat lemper tentu jauh lebih mudah dan tidak ribet. Meski begitu, tidak semua orang bisa membuat lemper yang enak dan pulen. Ada saja alasan yang membuat lemper menjadi kurang menarik, diantaranya : ketan lengket, terlalu pera, susah dibentuk, dan banyak masalah lainnya.

Nah, agar lemper buatan Anda lebih lezat dan penampilannya memukau, sebaiknya simak tips dan cara membuat lemper enak dan pulen berikut ini :

•    Pilih beras ketan yang berkualitas

Pilih beras ketan yang butirannya panjang karena hasilnya akan lebih pulen dan enak. Agar rasa ketan lebih gurih dan tidka lengket, Anda bisa menambahkan santan saat menanak ketan.

•    Ingin ketan berwarna indah

Jika Anda ingin beras ketan memiliki warna yang unik, Anda bsia menambahkan air kunyit atau air perasan daun suji

•    Siapkan isi lemper sesuai selera

Selain menyiapkan ketan yang sudha dimasak, jangan lupa Anda menyiapkan isi sesuai selera, misalnya : ayam, daging, udang, abon atau yang lainnya. Untuk ayam/daging/udang,  Anda bisa membumbuinya terlebih dulu agar rasanya lebih gurih. Bumbu yang bsia digunakan adalah bumbu opor instan, bumbu kare, atau Anda bisa menggunakan bumbu mie.

•    Bentuk adonan

Anda bsia membentuk lemper dengan menggunakan tangan secara langsung, mislanya : mengepal ketan dengan memasukkan isi. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan Loyang, yakni dengan membuat lapisan pertana ketan, kemudian isinya, baru paling atas ditutup dengan ketan. Baru setelah itu, Anda gunakan talenan untuk membentuk lemper dan membungkusnya.

•     Dibakar akan lebih sedap

Jika ingin mendapatkan aroma yang sedap dari daun pisang, Anda bsia membakar lemper terlebih dulu sebelum dihidangkan.
Mudah dan praktis bukan? Buruan praktekkan sendiri di rumah yaa…
Loading...