Rabu, 22 Juni 2016

Kenali Jenis Bahan-Bahan Pelembut Kue

Siapa sich yang tidak tergoda untuk menikmati kue yang memiliki tekstur lembut dan empuk? Salah satu keistimewaan kue yang membuat seseorang ketagihan adalah teksturnya yang lembut. Untuk menghasilkan kue yang lembut tidaklah mudah, karena dibutuhkan tambahan bahan pelembut khusus yang membuat Anda mendapatkan hasil yang sesuai keinginan. Ada banyak jenis pelembut kue di pasaran, hal itu yang kadang membuat orang merasa bingung, mana yang pas untuk kue buatannya ya? 

Tidak perlu merasa bingung, karena disini kita akan membagikan informasi tentang jenis bahan-bahan pelembut kue yang bisa Anda pilih, diantaranya :

Ovalet

Ovalet termasuk pelembut yang mampu menstabilkan adonan agar bisa tercampur dengan baik. Ovalet memiliki bentuk pasta berwarna kuning dan biasanya dibuat dari asam lemak dari hewan maupun tumbuhan. Ovalet biasa diguanakan untuk bahan pengemulsi adonan bolu maupun cake. Jika tidak ada ovalet, Anda bsia menggunakan TBM atau SP.

Lemak

Lemak disini bisa berupa margarine, mentega atau minyak goreng. Fungsi lemak pada kue sendiri tidak sekedar memberi efek lembut, tapi juga membuat kue lebih tahan lama, menambah aroma, rasa dan juga menambah nilai gizi. Lemak yang dibuat pada kue harus berwarna putih dan mampu mengemulsi adonan dengan sempurna karena itu sebelum digunakan harus dikocok  hingga berwarna putih dan teksturnya halus.

Shortening

Shortening biasa disebut sebagai mentega putih yang biasa ditambahkan pada kue. Fungsinya untuk membuat tekstur kue menjadi lembut dan nikmat.

SP

Sp tidak hanya berfungsi melembutkan kue, tapi juga membuat adonan menjadi lebih menyatu, stabil dan pastinya teksturnya lebih sempurna. Kandungan yang terdapat dalam SP sendiri  adalah gula ester.  Antara SP dengan ovalet dan TBM hamper sama, sehingga mereka bsia saling menggantikan.

TBM

TBM bermanfaat memperbaiki tekstur kue menjadi lebih lembut. TBM sendiri bisa ditambahkan pada saat mengocok adonan telur. Perbandingan pemakaian TBM dengan telur adalah 1 sdt TBM untuk 5 butir telur.
Nah, dengan mengetahui bahan-bahan pelembut kue diatas, pastinya Anda bisa segera membuat kue sendiri untuk lebaran, atau event-event yang lainnya. Selamat mencobaa!