Selasa, 09 Agustus 2016

12 Kreasi Cemilan Berbahan Singkong yang Enak dan Menggoda

Anda suka makan singkong? Singkong termasuk salah satu bahan makanan yang cukup populer di Indonesia. Singkong kaya karbohidrat sehingga dapat mengenyangkan perut dengan cepat sebagaimana nasi atau makanan pokok lainnya. Meski mengenyangkan, sayangnya tak semua orang tertarik dengan singkong. Padahal dengan sedikit sentuhan, singkong yang sering dianggap sebagai jajanan jadul justru bisa disulap menjadi aneka cemilan yang lezat menggoda. 

Ingin tahu, apa sajakah kreasi dari singkong yang lezat menggoda? Simak Sepuluh Kreasi Cemilan Berbahan Pisang yang Enak dan Menggoda, berikut ini :

1.    Singkong Keju

Singkong keju termasuk cemilan yang sangat difavoritkan oleh semua kalangan. Singkong keju dibuat dengan cara mengukus singkong hingga setengah matang, kemudian rendam dalam bumbu,kemudian goring hingga empuk dan merekah. Beri tambahan parutan keju.

2.    Singkong Thailand

Singkong thailand memiliki harga yang cukup fantastis, padahal cara membuatnya snagatlah mudah, yakni : rebus singkong hingga empuk bersama gula pasir, berikan santan kental yang sudah dicampur dengan pandan, tepung maizena dan vanila. Agar lebih menggoda, Anda bisa tambahkan keju parut dan susu kental diatasnya.

3.    Gethuk lindri

Getuk termasuk cemilan yang sangat terkenal di Jawa timur. Dibuat dengan cara merebus singkong dan menumbuknya hingga halus, lalu tambahkan gula dan pewarna makanan  dan giling menggunakan cetakan. Agar lebih nikmat, berikan taburan parutan kelapa.

4.    Lemet

Lemet  dibuat dari parutan kelapa yang dicampurkan dengan gula pasir dan parutan kelapa. Kemudian bungkus dengan daun pisang. Agar lebih enak, Anda bisa menambahkan isi irisan buah nangka dan daun pandan. Kemudian kukus hingga matang.

5.    Jemblem

Jemblem termasuk jajanan dari singkong yang sangat nikmat. Cara membuatnya juga mudah, cukup kukus singkong hingga matang, haluskan, kemudian bentuk menjadi bulatan dan isi dengan gula putih dan goring hingga matang.

6.    Klenyem

Hampir sama dengan jemblem, klenyem juga memiliki isi, yakni gula merah. Bedanya, klenyem dibuat dari singkong mentah yang dihaluskan dan dicampur dengan parutan kelapa. Bentuk bulat pipih, lalu isikan irisan gula merah dan goring hingga matang.

7.    Tape singkong

Tape singkong dibuatdari bahan singkong yang terlebih dulu di fermentasi. Cara membuat tape sangat mudah, yakni : kupas, cuci dan rebus, baru kemudian diberi ragi  dan didiamkan semalaman. Untuk peuyeum, singkong tidak perlu dikukus lebih dulu, tapi langsung diberi ragi setelah dicuci bersih.

8.    Kripik singkong

Kripik singkong termasuk cemilan yang sangat populer dan biasa disajikan dalam berbagai rasa, misalnya : pedas, keju, manis, dan lainnya. Caranya : iris tipis singkong, kemudian celup dalam bumbu, dan goring hingga matang. Tambahkan rasa pada keripik sesuai selera.

9.    Sawut singkong

Sawut dibuat  dari singkong yang diparut dengan parutan khusus (pasrah, jawa). Kemudian dikukus hingga matang sembari diberi taburan gula merah/putih. Sajikan bersama parutan kelapa.

10.    Puding singkong

Puding singkong dibuat dari campuran parutan singkong, agar-agar , gula, dan pewarna makanan atau bisa juga ditambahkan susu atau santan kelapa. Agar lebih menarik, Anda bisa membagi menjadi beberapa warna yang berbeda.

11.    Ongol-ongol

Ongol-ongol disajikan sebagaimana sate, yakni ditusuk dengan tusuk sate dan ditaburi kelapa parut. Cara membuatnya hampir sama dengan pudding singkong, kemudian diiris kotak-kotak dan ditusuk dalam tusukan sate.

12.    Donat singkong

Membuat donat singkong tak jauh beda dengan donat pada umumnya, yakni : mencampurkan terigu, singkong kukus yang dihaluskan, ragi instan, gula, mentega, dan bahan lainnya. Untuk teksturnya tentu snagat empuk dan rasanya juga nikmat.
Semoga informasi yang berjudul Sepuluh Kreasi Cemilan Berbahan Pisang yang Enak dan Menggoda diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.