Kamis, 17 Agustus 2017

Nasi Kuning yang Punel dan Gurih, Ini Resep dan Cara Membuatnya

DapurLagi - Nasi kuning termasuk menu olahan nasi khas Indonesia karena dibuat dari perpaduan rempah pilihan dan santan kelapa sehingga menghasilkan aroma dan rasa nasi yang luar biasa enak. Nasi kuning biasa disantap bersama aneka lauk pendamping, dari mulai orek tempe, ayam goreng, mie, telur balado, dan beberapa lauk sesuai selera. Nasi kuning seringkali dijadikan sajian saat acara perayaan Tujuh Belasan, pesta ulang tahun, atau acara-acara penting lainnya. Meski saat ini ada banyak rumah makan atau layanan catering yang siap memenuhi kebutuhan Anda akan nasi kuning yang komplit, namun jika Anda bisa membuatnya sendiri di rumah tentu akan jauh lebih menyenangkan. Tumis Ikan Asin Peda Super Pedas dan Enak, Ini Dia Cara Membuatnya  
nasi kuning//www.tokopedia.com
Jika Anda masih merasa bingung bagaimana cara membuat nasi kuning yang punel dan gurih, sebaiknya simak resep dan cara membuat nasi kuning yang komplit berikut ini : Resep Batagor Enak dan Gurih Ini Bikin Suami dan Anak-anak Makin Cinta, Mudah Cara Membuatnya

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

•    1 kg beras yang berkualitas
•    250 gr Beras ketan
•    500 ml santan kental
•    3 lembar daun salam
•    1 batang serai
•    1 sendok teh garam dapur halus
•    4 cm kunyit, parut dan saring airnya

Bumbu yang dihaluskan :

•    5 butir bawang merah
•    3 siung bawang putih
•    3 butir kemiri, sangrai dulu

Cara Membuat Nasi Kuning :

1.    Cuci beras dan ketan dengan air hingga bersih, tiriskan.
2.    Kukus beras dan ketan hingga setengah matang
3.    Campurkan santan, air kunyit,  bumbu halus, daun salam, dan serai serta garam.
4.    Panaskan sambil diaduk-aduk hingga mendidih, matikan
5.    Masukkan beras yang sudah dikukus tadi pada santan, aduk-aduk hingga beras tercampur rata. Diamkan agar bumbu meresap.
6.    Panaskan panci pengukus, dan kukus nasi kuning hingga matang, kira-kira 25 menit.
7.    Nasi kuning siap disajikan bersama bahan pelengkapnya, yakni : kering tempe, telur dadar, ayam goreng, dan sambal.

Cara membuat Bahan pelengkap :

Telur dadar

Kocok 3 butir telur, tambahkan garam dan merica bubuk secukupnya. Aduk terus hingga kaku. Panaskan Teflon, dan goreng telur hingga matang. Setelah dingin, gulung telur, lalu iris-iris. Intip Rahasia Membuat Telur dadar yang Tebal dan nikmat.

Ayam goreng

Untuk ayam goreng, Anda bisa memilih ayam goreng sesuai selera, misalnya : ayam tepung, ayam lengkuas, ayam serundeng, dan lainnya. Untuk aneka resep ayam, silahkan cek di Kumpulan Resep Ayam Goreng Nikmat.

Kering tempe

Untuk resep kering tempe, Anda tidak perlu pusing, karena cara membuatnya sangat mudah dan praktis. Tidak percaya, simak langsung di Resep dan Cara Membuat Kering Tempe yang Nikmat.

Dadar Kentang

Untuk membuat dadar kentang yang nikmat, langsung saja intips di Resep Dadar Kentang yang Nikmat

Sambal

Untuk sambalnya, Anda juga bebas memilih apa jenis sambal yang sesuai dengan selera Anda. Sebagai referensi, silahkan Anda memilih sendiri di Kumpulan Resep Sambal yang Nikmat.
Setelah membaca informasi seputar resep nasi kuning komplit diatas, pastinya Anda tidak akan mengalami kesulitan lagi khan saat memasak! Semoga bermanfaat yaa…