Selasa, 10 November 2015

6 Tips memilih Daging Ayam yang Segar dan berkualitas

Keluarga Anda termasuk penggemar olahan ayam? Ayam termasuk satu jenis lauk yang digemari oleh semua kalangan, karena rasanya yang khas dan kaya akan nutrisi penting. Ayam bisa diolah menjadi aneka hidangan yang lezat menggoda, dari mulai : kare, soto, sate, ayam krispy, ayam bali, ayam kecap dan masih banyak yang lainnya. Ternyata, apapun jenis masakannya, daging ayam tetap memiliki rasa yang nikmat menggoda.
Tips-memilih-Daging-Ayam-yang-Segar-dan-berkualitas
Daging Ayam Segar dan berkualitas
Namun begitu, ada satu hal yang harus diperhatikan agar hasil olahan ayam jadi sempurna, yakni  pastikan Anda memilih ayam yang segar. Namun tak banyak orang mengerti bagaimana cara memilih ayam yang segar dan berkualitas, untuk itu ada baiknya simak 6 tips memilih daging ayam yang segar dan berkualitas berikut ini :

Pilih ayam dengan warna khusus
Ayam segar memiliki warna yang khusus, yakni : cerah, putih kekuningan, dan tidak berlendir.
Tekstur ayam elastis
Ciri ayam segar lainnya bisa dirasakan saat ditekan, yakni : kenyaal dan elastis. Hindari memilih ayam yang teksturnya lembek atau terlalu keras. Selain itu, jangan pilih ayam yang lembab dan lengket.

Hindari memilih ayam yang berair dan bengkak
Salah satu ciri-ciri ayam yang segar adalah yang kesat/tidak berair dan tidak bengkak. Ayam yang terlihat bengkak dan berair menunjukkan bahwa ayam tersebut sudah digelonggong/disuntik cairan.

Memiliki bau khas
Ayam segar memiliki aroma khas yang tidak amis dan tidak busuk. Oleh karena itu, pastikan jangan salah pilih yaa…

Ayam tidak memar dan tidak patah tulangnya
Ciri-ciri ayam yang tidak boleh Anda pilih adalah yang memar dan tulangnya patah/terluka/kulit robek. Ayam dengan ciri-ciri tersebut bisa jadi mengandung kuman berbahaya.

Pastikan periksa tanggal kedaluarsa
Jika membeli ayam di supermarket, pastikan lihat tanggal kadaluarsanya agar Anda tidak salah memilih ayam yang tidak segar. Namun jika Anda memilih membeli di pasar tradisional, pastikan Anda memahami beberapa point yang disebutkan diatas.

Dengan memilih ayam yang segar dan berkualitas,hasil masakan Anda pasti jauh lebih nikmat dan bergizi. Semoga informasi yang berjudul 6 Tips memilih Daging Ayam yang Segar dan berkualitas diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.