Sabtu, 25 Juni 2016

Lima Bahan Alternatif Pengganti Santan

Santan merupakan hasil dari perasa kelapa parut yang memiliki warna putih susu, rasa yang gurih dan aroma yang khas. Santan kelapa termasuk bahan yang sering digunakan untuk pelengkap masakan, kue, hingga minuman. Namun sayangnya tidak semua orang menyukai santan, apalagi yang memiliki pantangan makanan bersantan. Eits, tapi bukan berarti Anda tidak bisa menikmati citarasa makanan yang gurih sebagaimana dimiliki santan loh, karena ada banyak bahan alternative pengganti santan. Tidak hanya warnanya yang serupa, karena rasa dan kekentalannya juga hampir sama. 
Hem kira-kira apa saja bahan alternative pengganti santan kelapa? Agar lebih jelasnya, simak informasinya berikut ini :

Susu kacang

Susu kacang bisa menjadi altenatif pengganti santan, karena rasanya yang sama gurihnya. Ada banyak jenis susu kacang yang bisa Anda pilih, namun yang memiliki kemiripan dnegan santan adalah susu kacang almon. Hindari menambahkan gula berlebihan, karena almond sudah mengandung gula alami. Untuk menambahkan kekentalannya, Anda bisa menambahkan tepung maizena.

Susu  sapi

Susu sapi bisa menjadi alternative pengganti santan kelapa. Selain lebih sehat dna mudah didapatkan, susu sapi juga memiliki rasa yang krimi sebagaimana santan. Agar lebih nikmat, Anda bisa menambahkan rempah-rempah pilihan dan merebusnya hingga mencapai kekentalan yang diinginkan.

Susu kedelai

Susu kedelai juga bisa menjadi alternative pengganti santan kelapa. Susu kedelai mengandung kalori yang lebih rendah dibandingkan santan, meski begitu snagat kaya protein dan rasanya juga gurih.

Krim kental

Keberadaan santan kelapa juga bisa digantikan dnegan krim kental. Krim kental memiliki rasa yang netral, sehingga Anda bisa menambahkan air kelapa. Meski begitu, penggunakan krim kental juga tidak boleh berlebihan, karena kandungan kalorinya lebih tinggi dari santan kelapa.

Yogurt

Yogurt bisa menjadi alternative pengganti santan kelapa yang sehat, kaya vitamin, protein dan mineral serta rendah kalori. Yogurt memiliki konsistensi yang crimy seperti santan kelapa kental sehingga bisa distock untuk bahan penggantis santan kelapa.
Santan memang gurih dan memberikan citarasa tersendiri pada masakan, akan tetapi kandungan lemaknya yang tinggi tentu kurang bagus jika dikonsumsi seseorang yang memiliki masalah kesehatan. Semoga alternative penggantis antan diatas dapat membantu mengatasi masalah Anda.