Rabu, 12 Oktober 2016

Tips dan Cara agar Masakan Bersantan Tidak Cepat Basi

Anda penggemar masakan bersantan? Masakan bersantan banyak digemari karena rasanya yang lebih gurih dan menggugah selera. Meski terbilang istimewa, namun sayangnya masakan bersantan lebih mudah basi dibandingkan masakan tanpa santan. Alangkah sayangnya masakan yang sudha dimasak susah payah harus terbuang sia-sia hanya karena basi. Lalu apakah kita harus menghindari masakan bersantan? Ternyata Anda tidak perlu kawatir ketika masak menggunakan santan, karena dengan trik tertentu masakan Anda akan lebih awet dan tidak mudah basi.

Ingin tahu bagaimana cara masak masakan bersantan yang awet dan tidak mudah basi? Untuk lebih jelasnya, simak informasinya berikut ini :

•    Bersihkan kulit ari kelapa

Sebelum dibuat santan, pastikan bersihkan kulit ari kelapa dengan cara mengeriknya hingga berwarna putih.

•    Cuci bersih kelapa

Setelah dikerik hingga bersih, Anda bisa mencuci kelapa yang akan diparut menjadi santan.

•    Memeras santan menggunakan air matang hangat

Dibandingkan menggunakan air mentah, memeras menggunakan air matang dan hangat lebih memudahkan Anda mendapatkan santan yang berkualitas. Selain itu, santan juga lebih awet dan tidak mudah basi.

•    Mengaduk santan  dalam api kecil

Mengaduk santan tidak hanya menghindari dari pecah yang akhirnya membuat santan menjadi kurang bagus penampilannya, tapi juga membuatnya merata dan mendidih sempurna.

•    Proses Penyimpanan yang benar

Ketika masakan bersantan masih banyak, pastikan simpan dengan cara yang benar agar tidak mudah basi. Bagaimanakah cara menyimpan masakan bersantan agar lebih awet, rasanya tetap terjaga dan tidak mudah basi?  Anda bisa memilih beberapa cara penyimpanan, diantaranya : masukkan kedalam kulkas dalam wadah kedap udara, hangatkan lebih dulu dan jangan tutup terlalu rapat ketika masih panas, jangan aduk makanan setelah dihangatkan, atau jika perlu Anda bisa menyimpan makanan kedalam freezer agar awet.
Hem, ternyata tidak susah khan trik memasak masakan bersantan yang awet dan tidak mudah basi? Dengan memahami cara memasak menggunakan santan agar tidak cepat basi diatas, pastinya Anda akan lebih mudah mempraktekkannya. Selamat memasak yaa!