Sabtu, 31 Maret 2018

Tips dan Cara Memasak Lompong Agar Enak dan Tidak Gatal

DapurLagi - Pernah masak lompong Lompong merupakan batang talas yang bentuknya panjang dan teksturnya empuk mirip spons. Batang talas atau lompong mengandung banyak gizi dan bisa diolah menjadi sayur yang sangat lezat, dari mulai lodeh, bobor, tumisan dan lainnya. Sayangnya tak semua orang suka masak lompong, karena kalau tidak tahu triknya bisa gatal di tenggorokan.  Penyebab rasa gatal itu sendiri karena kandungan asam oksalat yang ada dalam batang umbi talas. Sebenarnya memasak lompong agar enak dan gatal tidaklah susah, hanya dibutuhkan trik sederhana dan tidak ribet.
Ingin tahu bagaimana cara mengolah lompong agar enak dan tidka gatal? Simak informasinya berikut ini: 
lompong

1.    Pilih lompong yang muda

Sebagaimana sayuran pada umumnya, bagian lompong yang enak diolah sebagai sayuran adalah bagian yang muda/bagian tengah/atas.  

2.    Kupas kulit luar lompong

Sebelum dimasak, lebih dulu kupas kulit luar lompong hingga bersih. Cara ini membuat lompong jadi lebih lembut, tapi juga menghilangkan getah yang menyebabkan gatal.

3.    Remas dengan air garam

Setelah dikupas, potong-potong lompong sesuai selera, kemudian remas-remas dengan garam. Kemudian diamkan hingga sekitar 10 menit, baru cuci hingga bersih.

4.    Rebus dan buang air rebusan pertamanya

Pertama kali, panaskan air hinga mendidih, kemudian masukkan lompong dan masak hingga agak empuk. Kemudian buang air rebusan pertamanya yang mengandung getah, jika perlu peras hingga air hilang.

5.    Masak dalam suhu tinggi

Langkah berikutnya, bumbui lompong dan masak lompong dalam suhu tinggi hingga matang. Jangan sampai setengah matang atau kurang matang, karena membuat lompong jadi gatal.
Ternyata untuk memasak lompong yang enak dan tidak gatal sangatlah mudah dan simple. Setelah melihat tips diatas, pastinya Anda tidak akan ragu lagi memasak lompong untuk menu keluarga tercinta. Semoga informasi yang berjudul Tips dan Cara Memasak Lompong Agar Enak dan Tidak Gatal diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.