Rabu, 25 Juli 2018

Tips Cara Bersihkan Kerang Kulit Dengan Mudah dan Cepat

DapurLagi - Anda suka menikmati olahan kerang kulit? Olahan Kerang kulit termasuk salah satu menu yang banyak difavoritkan, karena lebih terasa segarnya dan pastinya sangat lezat. Namun sebelum menikmati olahan kerang kulit, pastinya Anda harus memperhatikan apakah kerang diolah dengan cara benar dan higienis. Seperti kita tahu, pada cangkang kerang biasa menempel kotoran berupa, lumpur, pasir, tanah dan lainnya sehingga dapat mengganggu kesehatan jika tidak dibersihkan dengan baik.  Membersihkan kerang kulit tidaklah mudah, namun dengan trik cerdas, kita bisa melakukannya dalam waktu singkat. Resep Emak Cerdas Dijamin Bikin Cepet Kaya, Sop Telur Teplok Enak Segar 
kerang kulit
 Ingin tahu bagaimana cara membersihkan kerang kulit? Simak langsung tips cara bersihkan kerang kulit, berikut ini : Resep Cara Buat Telur Geprek Kekinian yang Enaknya Bikin Ketagihan, Viral Banget Loh

Gunakan sikat khusus

Membersihkan kerang bisa menggunakan sikat khusus. Caranya rendam kerang selama kurang lebih 10 menit, lalu gunakan sikat untuk mengaduk kerang dalam wadah. Buang airnya, kemudian tambah air lagi dan lakukan berulang hingga 3-4 kali sampai airnya bening.

Rendam dalam larutan Garam

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dnegan merendam kerang kedalam air es dan garam. Garam ampuh mengikis kotoran pada cangkang serta bakteri yang mungkin menempel. Rendam selama 15-20 menit, kemudian bilas hingga bersih.

Rendam bersama tumbukan serai

Merendam kerang dengan tumbukan serai tak hanya membantu merontokkan kotoran yang lengket pada cangkang kerang, tapi juga mengurangi aroma amis pada kerang. Geprek batang serai, lalu rendam bersama kerang selama 15 menit. Bilas hingga bersih dan kerang siap diolah.

Remas dengan Pelepah Pisang

Selain serai, Anda juga bisa memanfaatkan pelepah pisang loh. Caranya cukup rendam kerang dalam air, kemudian gunakan potongan pelepah pisnag untuk meremas-remas kerang.

Rendam bersama tumbukan Bawang Putih

Cara mudah lainnya adalah dnegan mencampurkan kerang dengan tumbukan bawang putih.  Lakukan perendaman selama kurang lebih 30 menit, kemudian bilas hingga bersih.

Masukkan kerang dalam air sebelum mendidih

Merebus kerang yang baik bukan menunggu air mendidih, tapi langsung masukkan dalam air dalam panci, kemudian rebus dalam api sedang hingga mendidih.

Buang air rebusan, jika….

Meski sudah dipilih dan dicuci bersih, kadangkala masih ada kerang yang kosong alias didalamnya berisi tanah. Kondisi ini menyebabkan air rebusan kerang jadi keruh, untuk itu Anda bisa membuangnya dan menggantinya dengan air yang baru.

Bumbui kerang sesuai selera

Setelah proses perebusan, Anda bisa membumbui kerang sesuai selera. Kerang bisa dimasak menjadi menu yang enak, dari mulai sup, asam manis, serapah dan lainnya.
Sangat mudah banget khan cara membersihkan dan mengolah kerang kulit. Semoga informasi yang berjudul Tips Cara Bersihkan Kerang Kulit Dengan Mudah dan Cepat diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.