Selasa, 24 November 2015

Resep Pastel basah isi kentang yang Nikmat - Praktis

Dapur Lagi - Tahu pastel kan? ya jajanan yang biasanya digunakan untuk sajian saat acara pernikahan, dan pertemuan seperti arisan ibu ibu dan masih banyak lagi. Pastel memiliki berbagai jenis di antaranya ada kering, basah dan tutup. Tapi dalam kesempatan kali ini Dapurlagi akan menjelaskan bagaimana cara membuat pastel basah Kentang. Pastel basah Kental ini memiliki rasa yang lezat dan pastinya penuh gizi. jadi langsung aja simak Resep Pastel Basah isi Kentang berikut ini,

Pastel-Basah-isi-Kentang
Pastel Basah isi Kentang

Bahan kulit Pastel Basah isi Kentang :

  •     450 gram tepung terigu protein sedang
  •     1 butir telur
  •     250 ml santan dari 1/4 butir kelapa
  •     150 gram margarin, lelehkan
  •     garam secukupnya

Bahan isi :

    250 ml kaldu ayam
    2 sendok makan irisan seledri
    5 siung bawang putih, cincang
    7 butir bawang merah, iris halus
    250 gram wortel, iris dadu kecil
    250 gram kentang, iris dadu kecil
    150 gram daging ayam cincang kecil
    3 sendok makan minyak untuk menumis
    2 sendok makan terigu dan 1 sendok teh maizena, larutkan dengan sedikit air
    Irisan telur rebus secukupnya

Bumbu (untuk bahan isi)

    1/2 sendok teh merica bubuk
    1/2 sendok teh gula pasir
    1/2 sendok teh pala bubuk
    1 sendok teh garam

Cara membuat Pastel Basah isi kentang
Kulit pastel : sangrai tepung terigu sampai panas dan kering, lalu Ayak kemudian pindahkan dalam baskom, lubangi di tengah ayakan tepung dan biarkan sampai hangat. Rebus santan terus diaduk aduk agar tidak pecah. Angkat dan diamkan santan hingga hangat. Kocok margarin leleh, telur dan garam sampai tercampur rata. Tuangkan kedalam lubang tengahnya tepung tadi, uleni lalu masukkan santan sedikit demi sedikit hingga adonan menjadi kalis. Diamkan selama 15 - 20 menit.
Membuat bahan isi : goreng kentang sampai setengah matang, lalu tiriskan. tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum,  masukkan wolter aduk sampai rata dan kemudian masukkan air kaldu ayam. Masak hingga wortel setangah matang, lalu masukkan daging ayam dan bumbu bahan isi. Masak sampai semua bahan matang dan airnya tinggal sedikit. Tambahkan seledri dan aduk aduk sebentar. Masukkan larutan tepung dan aduk dengan cepat dan juga tentunya rata sampai adonan isi menjadi pekat dan matang. Angkat dan biarkan sampai dingin.
Finishing : Tipiskan adonan kulit berbentuk lingkaran dan alasi dengan plastik. Kemudian adonan  diisi dengan bahan isi pada bagian sisi yang lain lalumasukkan juga irisan telur sesuai selera dan lipat. lalu pilin. Lakukan hingga adonan pastel dan bahan isi pastel habis. Kemudian goreng dengan minyak panas dengan api sedang sampai kuning kecokelatan.

nah mudahkan untuk membuat Pastel Basah isi kentang yang nikmat, silahkan mencoba!