Selasa, 31 Januari 2017

Kulit Melinjo, Enaknya dimasak apa ya? Intips Kreasi Lezatnya Ini

Pernahkah Anda menikmati olahan dari kulit melinjo? Jangan salah, meski kadang berakhir di tempat sampah, namun ditangan ahlinya, kulit melinjo bisa diolah menjadi aneka hidangan yang lezat dan menggugah selera. Tidak hanya cemilan, ternyata kulit melinjo bisa juga diolah menjadi sayuran untuk teman makan nasi. Kira-kira bagaimana rasanya? Sangat lezat, kulit melinjo memiliki tekstur yang kenyal agak lunak mirip cecek.
sumber gambar : Layar Berita

Kandungan nutrisi kulit melinjo

Meski hanya kulitnya, namun jangan pernah menganggapnya sepele, karena ternyata didalamnya terdapat kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Diantara kandungan nutrisinya, adalah : protein, vitamin A, Vitamin B1, Vitamin C, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, zat besi.

Aneka jenis olahan kulit melinjo

Diantara jenis olahan yang bisa dibuat dari kulit melinjom diantaranya :

Dadar kulit melinjo

Langkah pertama dengan merebus kulit melinjo hingga empuk, lalu campurkan udang, 3 butir telur dan kulit melinjo. Tambahkan bumbu halus, seperti : bawnag merah, bawang putih, lada, dan cabe jika suka pedas. Lalu kocok hingga rata dan goreng dalam minyak panas hingga matang.

Kripik kulit melinjo

Cara membuat kripik kulit melinjo sangat mudah, caranya cukup rebus kulit melinjo hingga empuk, lalu tiriskan. Jemur hingga agak kering, baru goreng hingga kering dan matang. Bumbui dengan bawang merah, bawang putih, cabai dan gula merah. Masak hingga mengental, lalu masukkan kulit melinjo kering, masak hingga merata.

Oseng kulit melinjo udang

Oseng kulit melinjo sangat nikmat, apalagi dicampur dengan udang dan aneka sayur pilihan. Caranya cukup mudah, yakni : rebus kulit melinjo, lalu tiriskan. Tumis bumbu tumisan, lalu masukkan udang hingga merah. Tambahkan kulit melinjo, tambahkan air, kecap manis, dan masak hingga bumbu meresap. Angkat

Lodeh kulit melinjo

Untuk sayur lodeh, Anda bsia mengkombinasikan beberapa jenis sayuran, seperti kacang panjang, labu atau yang lainnya. Untuk bumbunya hampir sama dengan sayur lodeh pada umumnya. Hanya saja, sebelum mencampurkan kulit melinjo, sebaiknya lakukan perebusan dulu agar hasilnya lebih enak dan lembut.
Selain beberapa kreasi olahan kulit melinjo yang kita sebutkan diatas, pastinya ada lagi yang lainnya. Semoga bermanfaat yaa!